Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Sungai Tercemar Warga Bukittinggi Mengeluh Aroma Busuk

Kontributor DaerahLingkungan hidup 16 Januari 2020 JAM 06:18:20 WIB

Warga Kelurahan Puhun Tembok, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, mengeluh aliran sungai di daerah ini tercemar akibat sampah yang menumpuk dan mengeluarkan aroma yang busuk. Selain itu, aliran Sungai Batang Agam ini juga dipenuhi kotoran limbah hewan potong.

Aliran Sungai Batang Agam yang melintasi RT 3 RW 5, Kelurahan Puhun Tembok, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, dipenuhi sampah kiriman dan mengeluarkan aroma yang busuk. Sampah kiriman ini sudah berlangsung lama dan menumpuk digerbang pintu air di Puhun Tembok. Bahkan tumpukan sampah tersebut jarang dilakukan pembersihan.

Akibat menumpuknya sampah kiriman  serta limbah kotoran hewan potong ke aliran Sungai Batang Agam berakibat aroma busuk sampai ke rumah warga. Upaya menjaga kawasan sungai agar bersih,pemerintah setempat sudah melakukan perbaikan drainase serta membuatkan taman di kawasan sungai tersebut, agar masyarakat bisa sadar terhadap lingkungan

Kendati demikian upaya tersebut tidak membuahkan hasil,taman yang dibuat disepanjang aliran sungai, tidak diminati,kerena dikawasan tersebut masih mengeluarkan aroma busuk. Warga Puhun Tembok, Dewi membenarkan, sungai didaerahnya tersebut sudah lama tercemar akibat sampah pasar dan limbah kotoran hewan potong  dibuang ke sungai. Warga setempat meminta, pemerintah cepat tanggap mengatasi sungai yang telah tercemar tersebut, sehingga tidak mengeluarkan aroma busuk.

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat