Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Beberapa titik kawasan terdampak abrasi mulai ditangani

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 28 Juli 2016 JAM 08:52:41 WIB

3 kawasan rawan abrasi pantai di Kabupaten Pesisir Selatan tahun ini mulai mendapatkan penanganan tanggap darurat oleh pemerintah pusat. Penanganan difokuskan pada kawasan pantai yang dekat dengan perumahan warga.

Beberapa titik kawasan terdampak dan rawan abrasi pantai di Kabupaten Pesisir Selatan mulai diusulkan penanganannya ke pemerintah pusat oleh pemerintah daerah setempat. Sesuai catatan badan penaggulangan bencana daerah Pesisir Selatan, terdapat 3 kawasan pantai yang rawan abrasi dan diprioritaskan penaganannya pada tahun 2016 ini.

3 kawasan tersebut, yakni Pantai Karang Pauh Bayang, Surantih dan Muara Kandis Kecamatan Linggo Saribaganti. Saat ini sudah diusulkan perbaikan tanggap darurat melalui kementrian pekerjaan umum terkait. Kepala BPBD Pesisir Selatan Prinurdin mengatakan perbaikan kawasan pantai yang rawan abrasi tidak mampu ditangani oleh anggaran pemerintah daerah, karena menghabiskan anggaran yang cukup besar, untuk itu pengerjaan akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini, perbaikan tanggap darurat pantai Karang Pauh bayang sudah mulai dilakukan, mengingat terdapat puluhan rumah yang sudah menjadi korban. Penanganan kawasan pantai ini direncanakan dengan pembuatan batu krib, disepanjang kawasan pantai yang dekat dengan pemukiman warga.

Wartawan : Nining Abrianti
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat