Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

BPBD Pessel Minta KSB Diaktifkan Di Tingkat Nagari

Kontributor DaerahIklim 14 Januari 2020 JAM 06:20:07 WIB

Badan penaggulangan bencana daerah Kabupaten Pesisir Selatan menginstruksikan kepada seluruh nagari didaerah itu untuk dapat mengaktifkan kelompok siaga bencana atau KSB.

Hal ini perlu dilakukan dalam rangka penanganan bencana yang dapat terjadi kapan saja. Kalaksa Badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Pesisir Selatan Herman Budiarto menjelaskan KSB dinagari sangat perlu diberdayakan untuk melakukan penanganan bencana ditingkat nagari setempat. Herman menyampaikan saat ini masih banyak KSB yang belum terbentuk ditingkat nagari, dari 182 nagari yang ada di Pesisir Selatan, KSB yang sudah terbentuk hanya berjumlah sebanyak 41 nagari, upaya ini perlu dilakukan agar penanganan bencana atau proses evakuasi oleh KSB dapat diberfungsikan menjelang bantuan dari BPBD datang ke lokasi bencana.

Selain itu, warga juga diminta agar tetap waspada dan siap siaga atas potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang, karna akhir-akhir ini peristiwa hujan lebat disertai angin kencang sering melanda daerah itu. Meski disepanjang tahun 2019 lalu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, pihaknya selalu mengimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Herman menyampaikan terdapat sejumlah titik Kecamatan di Pesisir Selatan yang sering dilanda bencana seperti banjir, diantaranya Kecamatan Bayang, Lengayang dan Ranah Ampek Hulu Tapan.untuk itu, BPBD Pesisir Selatan terus mengimbau agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat peristiwa hujan lebat disertai angin kencang masih berpotensi di sebagian wilayah Sumatera Barat, salah satunya Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat