Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kondisi Bawah Laut Pantai Padang Mengkhawatirkan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 13 Januari 2020 JAM 06:54:11 WIB

Tumpukan sampah yang berada di kawasan Pantai Padang tidak hanya merusak keindahan pantai tetapi juga merusak keindahan bawah laut Pantai Padang. Sampah yang paling banyak ditemukan merupakan sampah plastik yang berasal dari sampah rumah tangga. Setiap musim hujan, tumpukan sampah di pantai padang tidak hanya merusak keindahan sepanjang pantai tetapi banyaknya sampah juga merusak keindahan bawah laut Pantai Padang.

Banyaknya sampah yang masuk kedalam laut menyebabkan kondisi bawah laut menjadi kotor. Pada umumnya sampah yang menumpuk di dasar laut Pantai Padang merupakan sampah plastik yang berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang ke dalam sungai dan mengalir sampai ke laut. Hal ini menyebabkan rusaknya terumbu karang, karena pori-pori terumbu karang yang tertutupi sampah plastik dan  menyakibatkan terumbu karang tidak terpapar oleh sinar matarahar sehingga terumbu karang tidak dapat berfotosintesis dan berkembang.

Kondisi ini berdampak pada rusaknya ekosistem bawah laut di kawasan Pantai Padang. Salah seorang pegiat diving di Kota Padang, Indra Wadi mengatakan, kondisi bawah laut Pantai Padang rusak, bahkan sampai pada jarak 22 Mil dari bibir Pantai Padang ke arah laut, banyak ditemukan sampah platik.

Indra Wadi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai atau ke laut. Karena sampah yang dibuang ke sungai akan sampai ke laut dan akan mengendap didasar laut,  yang menyebabkan terumbu karang dan ekosistem menjadi rusak di kawasan Pantai Padang.

 

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ ATVRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat