Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Perbaikan Jalan Menuju Maligi Butuh Bantuan

Kontributor DaerahLingkungan 06 Januari 2020 JAM 06:28:49 WIB

Perbaikan dan pembangunan jalan menuju nagari persiapan Maligi, butuh bantuan pemerintah pusat. Hingga hari ini, sebagian besar jalan menuju daerah tersebut masih belum tersentuh aspal. Setelah enam belas tahun dimekarkan, akses jalan menuju nagari persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia masih memprihatinkan.

Sebagian besar jalan masih terbuat dari tanah, bahkan dibeberapa aliran sungai tidak memiliki jembatan. Selama ini, untuk menuju daerah tersebut, masyarakat harus menggunakan kendaraan double gardan, dan memastikan kondisi pasang air laut sedang surut, agar kendaraan bisa menyeberang di bagian hulu sungai yang dangkal. Besarnya biaya pembangunan jalan dan jembatan, harus menjadi perhatian dan mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat. Jika bergantung kepada APBD, maka daerah itu sulit keluar dari terisoliran.

Mirisnya, pasa musim penghujan, masyarakat harus menaiki kapal, atau perahu, agar bisa menyeberang menuju kampung mereka. Padahal ribuan kepala keluarga hidup dan menetap di kampung yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia tersebut. Sementara anggota DPD RI Emma Yohanna meminta, Pemda bisa menjalin koordinasi dengan pemerintah pusat dan wakil rakyat, untuk mendapatkan bantuan dana APBN, membangun jalan dan jembatan daerah itu, serta meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Masyarakat meminta, pemerintah bisa mencarikan solusi untuk melepaskan mereka dari keterisoliran dan terpinggir. Akses jalan selama ini, menjadi kendala utama masyarakat untuk membangun perekonomian mereka, sehingga berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup mereka.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat