Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Petani Harapkan Ketersediaan Pupuk Dan Pemberantas Hama

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 05 Januari 2020 JAM 06:51:15 WIB

Memasuki masa tanam padi, petani di Nagari Talu dan sekitarnya mulai khawatir ancaman hama tikus dan ketersedian stok pupuk.  Petani meminta, dinas terkait bisa memastikan stok pupuk aman dan murah untuk petani kecil, dan mencarikan solusi memberantas hama tikus, agar hasil penen lebih baik.

Dari tahun ke tahun, polemik ancaman hama tikus dan stok pupuk bersubsidi selalu menghantui para petani di Pasaman Barat. Mereka khawatir jika dua hal tersebut tidak diatasi, maka hasil panen mereka tidak akan maksimal. Petani mengaku, saat masa pembibitan sekarang, banyak bibit mereka diserang hama tikus. Bahkan beberapa petani sekarang mengaku kekurangan bibit untuk mereka tanam di area sawah, kondisi tersebut akan membuat musim tanam tidak bisa serentak.

Selain itu, petani juga meminta, pemerintah melalui dinas terkait bisa menjamin stok pupuk bersubsidi untuk mereka. Karena sering kali terjadi, saat memasuki masa pemupukan, keberadaan pupuk di Pasaman Barat sulit didapat. Salah seorang petani Muhtar mengatakan, secara umum dalam waktu dekat mereka akan serentak turun ke sawah. Namun tidak stabilnya harga pupuk dan bibit, bisa mengancam keberhasilan panen mereka, karena secara kebiasaan, masyarakat sekitar hanya turun ke sawah satu kali dalam setahun.

petani setempat meminta, ada jaminan pemerintah akan ketersedian pupuk dan pemberantas hama, agar hasil panen mereka lebih baik kedepan. Disisi lain, perubahan iklim yang tidak menentu, membuat petani sedikit kesulitan untuk memprediksi masa tanam mereka, sehingga dibutuhkan pendampingan yang matang dari penyuluh.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat