Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Puluhan Hektar Sawah Terancam Kekeringan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 03 Januari 2020 JAM 06:26:36 WIB

Kerusakan bendungan irigasi sebagai pintu dan pembagian saluran air di Nagari Talu, membuat puluhan hektare lahan pertanian dan sawah masyarakat di tiga jorong terancam kekeringan. Masyarakat meminta, pemerintah segera memperbaiki bendungan dan irigasi tersebut, sebab selama beberapa tahun terakhir mereka harus goro setiap akan turun ke sawah untuk mendapatkan aliran air.

Beginilah kondisi bendungan dan pintu air di Nagari Talu, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Di beberapa sisi bendungan terlihat amblas dan roboh, sehingga aliran air tidak bisa lagi normal untuk memenuhi kebutuhan sawah dan lahan pertanian masyarakat sekitar. Akibat kerusakan bendungan, puluhan hektare lahan petani di tiga kejorongan terancaman kekeringan dan beralih fungsi lahan menjadi kebun atau ladang. Masyarakat mengaku kerusakan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan, dan belum mendapatkan perbaikan hingga hari ini.

Selama ini, saat hendak turun ke sawah, sebagian petani menggelar gotong royong untuk membuat tanggul darurat, agar air bisa mengalir ke sawah mereka. Namun upaya tersebut tidak bisa menghasilkan air yang maksimal. Wali Nagari Talu Sudro Hakimi menjelaskan, kerusakan bendungan ini berdampak buruk bagi petani saat musim turun ke sawah. Bahkan beberapa lahan pertanian masyarakat sekarang terlihat mengering. Selama ini pemerintah nagari sudah berupaya mengusulkan perbaikan bendungan agar segera dilakukan, namun belum mendapatkan respon.

Sementara itu salah seorang petani Ainal Yakin meminta dinas terkait memprioritaskan perbaikan bendungan, karena masyarakat sekitar tidak memiliki pilihan  usaha lain, selain bertanam padi. Kerusakan bendungan yang terjadi beberapa tahun belakangan ini, secara otomatis membuat hasil pertanian masyarakat menurun. Sulitnya air untuk sawah, membuat sejumlah lahan masyarakat sudah beralih menjadi ladang.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat