Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Kunjungan Wisata Minat Khusus Meningkat

Kontributor DaerahPariwisata 31 Desember 2019 JAM 06:45:30 WIB

Jumlah pengunjung wisata minat khusus dan edukatif, di Maligi dan sekitarnya meningkat sejak beberapa bulan terakhir. Sebagian besar dari pengunjung ikut berpartisipasi dalam pelestarian penyu dan penanaman mangrove di daerah perairan dan sungai Maligi. Kehadiran konservasi penyu dan mangrove oleh kelompok masyarakat di daerah Maligi, Kabupaten Pasaman Barat menarik parhatian wisatawan minat khusus. Sejak berdiri hingga hari ini, jumlah pengunjung wisata edukatif tersebut terus meningkat setiap bulannya.

Saat berkunjung sebagian besar wisatawan bertanya dan ingin mengetahui tentang konservasi penyu dan ikut serta berpartisipasi dalam pelestarian, dan pelepasan tukik atau anak penyu kembali ke habitatnya. Selain itu, sejumlah pengunjung juga ikut menjaga eksosistim alam, dengan menanam mangrove di sejumlah titik dan lokasi yang sudah disediakan pengurus. Uniknya, pengunjung wisata minat khusus tersebut tidak dipatok biaya besar, dan hanya meminta partisipasi untuk pelestarian dan konservasi yang sedang mereka lakukan.

Pegiat konservasi surya mengatakan, sejak didirikan komunitas mereka mendapatkan respon positif  dari berbagai pihak. Dimulai dengan mangajak masyarakat untuk tidak memburu telur penyu, hingga proses penangkaran, serta pelepasan kembali ke laut.

Setiap minggu, daerah konservasi tersebut, selalu kedatangan tamu, dari kalangan wisatawan, akademisi, mahasiswa dan pemerhati lingkungan. Pengurus berharap, upaya pelestarian ini, bisa berlanjut dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar, dan generasi berikutnya. Pengurus konservasi dan penggiat lingkungan Maligi beraharap, kedepan usaha mereka bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Serta mengajak masyarakat sekitar untuk tidak mengkonsumsi telur penyu, serta melestarikan mangrove, sebagai upaya pencegahan bencana dan menjaga ekositisim sungai dan laut kedepannya.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat