Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Batik Gambir Butuh Perhatian

Kontributor DaerahSeni Budaya 18 Desember 2019 JAM 06:25:46 WIB

Sejumlah pengrajin batik berbahan gambir di Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota membutuhkan perhatian pemerintah.Hal ini  karena sulitnya untuk memenuhi kebutuhan bahan dasar kain yang akan di batik.

Memanfaatkan air rebusan daun gambir, sejumlah ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Batik Tulis Tigo Sarumpun membukan usaha pembuatan batik dari bahan alami. Meski memiliki peluang usaha yang cukup bagus ke depannya, para pengrajin mengeluhkan sulitnya mendapatkan bahan dasar kain yang akan di batik dengan air rebusan gambir.

Selain sulitnya mendapatkan bahan dasar kain warna putih yang khusus, para pengrajin tersebut juga kesulitan mendapatkan lilin yang akan digunakan untuk membatik.Sulitnya mendapatkan kedua bahan itu karena harus di datangkan dari luar Sumbar, yakni dari Pulau Jawa. Sehingga harga beli bahan dasar cukup mahal.Para pengrajin berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah melalui pihak-pihak terkait, sehingga usaha yang telah mereka rintis selama delapan bulan belakangan bisa terus berkembang.

Cukup sulitnya mendapatkan bahan dasar kain, menyebabkan produk yang dihasilkan berupa kain panjang, sal dan tas juga terbatas. Wali Nagari Sarilamak berharap adanya kebijakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota untuk menjadikan kain batik gambir olahan kelompok Batik Tulis Tigo Sarumpun Kenagarian Sarilamak tersebut sebagai pakaian batik dihari-hari tertentu bagi aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.Apalagi dengan telah adanya SK Gubernur tahun 2018 yang menghimbau dan juga mewajibkan semua Instansi Pemerintah mulai dari tingkat satu sampai ke bawah untuk memakai jenis batik buatan lokal buatan anak nagari sendiri. Saat ini, untuk mempromosikan batik gambir yang dihasilkan kelompok Batik Tulis Tigo Sarumpun, pihaknya nagari terus mendorong untuk mengikuti berbagai ajang promosi, sehingga batik gambir semakin dikenal.

 

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB