Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Solsel Segera Upayakan Pembangunan Rumah Korban Banjir

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 14 Desember 2019 JAM 06:50:49 WIB

Kabupaten Solok Selatan memperpanjang masa tanggap darurat selama 2 minggu ke depan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat dan melancarkan usaha pemulihan terutama bagi korban yang kehilangan tempat tinggal, rumah rusak berat, dan perbaikan berbagai fasilitas umum. Pasca banjir yang menerjang Kabupaten Solok Selatan pada akhir November lalu,  pemerintah kabupaten dan OPTD terkait melakukan progres yang baik dan cepat dalam penanganan bencana yang terjadi tersebut.

Tindakan penanganan yang dilakukan berfokus pada korban yang kehilangan tempat tinggal dan rumah rusak berat akibat banjir. Untuk menangangi hal ini, Pemkab Solsel telah menyediakan relokasi lahan untuk pembuatan rumah baru bagi para korban. Pemkab Solsel sedang mengupayakan bantuan dana dari Badan Nasional Penanggulan Bencana Nasional (BNPB) untuk pembangunan 52 unit rumah bagi korban banjir yang kehilangan tempat tinggal dan rumah rusak berat.

Sementara itu bagi para korban, telah disediakan kontrakan selama enam bulan ke depan, sehingga mereka dapat beraktifitas seperti biasa. Untuk perbaikan fasilitas umum seperti jembatan, jalan, dan sebagainya pihak BNPB dan BPBD Provinsi  telah memberikan bantuan operasional sebanyak Rp 350 juta.

Selain  itu untuk mempercepat dan melancarkan usaha pemulihan, Kabupaten Solsel memperpanjang masa tanggap darurat selama 2 minggu ke depan. BPBD mengimbau kepada masyarakat Solsel khususnya Pakan Rabaa Timur, yang memiliki konstur alam yang terjal supaya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang akan terjadi.

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat