Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Jembatan Suayan Putus, Ratusan KK Terisolir

Kontributor DaerahBencana Alam 14 Desember 2019 JAM 06:43:24 WIB

Putusnya jalan yang menghubungkan beberapa Jorong di Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru Kab. 50 Kota mengakibatkan aktivitas ratusan kepala keluarga  terganggu. Hal ini disebabkan jalan tersebut merupakan akses utama warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kesulitan untuk membawa hasil panen.

Selain longsor dan banjir, bencana yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota juga merusak jalan utama di Jorong Sabar Nagari Suayan. Rusaknya akses jalan utama tersebut menyebabkan ratusan kepala keluarga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, sebab kendaraan roda dua maupun roda empat tidak lagi bisa melewati jalan yang terban  dibawa arus sungai. Jalan dan  jembatan yang rusak  merupakan akses terdekat warga di jorong itu menuju beberapa jorong dan nagari lainnya di Kecamatan Akabiluru.

Meskipun ada jalur lain, namun sangat jauh dan memakan waktu. Selain petani, yang paling terganggu adalah pelajar yang akan pergi ke sekolah, termasuk warga yang bekerja sebagai pegawai swasta ataupun PNS di ibukota kabupaten maupun di Kota Payakumbuh. Jembatan yang merupakan akses utama tersebut diperkirakan  berumur lebih dari 30 tahun.

Perbaikan dan pembangunan jembatan di lokasi tersebut sangat diharapkan warga, sebab sangat dibutuhkan. Bupati Limapuluh Kota langsung turun untuk meninjau jembatan putus tersebut. Ia juga memerintahkan jajarannya langsung memperbaiki sementara jembatan tersebut. Selain jembatan, bencana yang terjadi akibat hujan deras sejak beberapa hari terakhir juga merendam rumah dan merendam lahan pertanian warga.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat