Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

FPM 2019 Berlangsung Meriah

Kontributor DaerahSeni Budaya 06 Desember 2019 JAM 06:48:09 WIB

Festival Pesona Minangkabau yang diselenggarakan untuk keempat kalinya oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berlangsung hingga 8 Desember mendatang. Event yang telah menjadi agenda 100 Kalender Of Event Wonderfull Indonesia itu dibuka secara meriah oleh staf ahli Kemenpar RI dengan penampilan khas Tanah Datar, arak arakan jamba dan 2000 talempong pacik.

Berbagai penampilan kesenian tradisional, seperti silat, talempong pacik, dan arak-arakan jamba menjadi pertanda dimulainya event tahunan  Festival Pesona Minangkabau  tahun 2019 di Kabupaten Tanah Datar. Event ini secara langsung dibuka oleh Esti Reko Astuti staf ahli Kementrian Pariwisata RI Bidang Multicultural di Istano Basa Pagaruyung, Rabu pagi.

Dalam sambutannya, Esti mengatakan Festival Pesona Minangkabau telah menjadi salah satu event yang termasuk kedalam 100 Kalender Of Event Wonderful Indonesia. Ditahun 2019, merupakan tahun kedua dilaksanakannya even tersebut, meski di Tanah Datar event ini untuk ke empat kalinya digelar.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengungkapkan jika Festival Pesona Minangkabau dilaksanakan sebagai wadah pelestarian budaya. Selain menampilkan Kesenian Tradisional Minangkabau, event ini juga digabungkan ke dalam 16 agenda kegiatan yang dilaksanakan di beberapa tempat. Pada kesempatan ini, Pemerintah Tanah Datar juga meraih  Rekor Muri atas penampilan 2000 talempong pacik yang dimainkan oleh pelajar dari berbagai sekolah. Piagam Rekor Muri tersebut diserahkan lansung oleh manager senior muri, Awan Rahargo.

Wartawan : ERIK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB