Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

BWSS V Turunkan Alat Berat Di Lokasi Bencana

Kontributor DaerahBencana Alam 29 November 2019 JAM 06:25:32 WIB

Dampak banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan membuat aliran Sungai Batang Liki tidak normal dan sejumlah titik sungai kritis. Untuk menangani kerusakan tersebut, balai wilayah Sungai Sumatera Lima menurunkan tim gabungan untuk melakukan penanganan dan normalisasi sungai. Bencana alam banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Solok Selatan beberapa waktu lalu, merusak sejumlah infrastruktur, dan mengancam rusaknya jalan nasional di daerah itu. Banjir yang disebabkan oleh meluapnya air Batang Liki akibat hujan lebat hingga kini masih dikhawatirkan terjadi, terlebih kondisi cuaca yang tidak menentu, serta memicu terjadinya pendangkalan sungai.

Melihat dampak bencana alam ini, balai wilayah Sungai Sumatera Lima Sumbar melakukan upaya tanggap darurat dengan menurunkan satu unit alat berat di lokasi terparah banjir. Semakin kritisnya kondisi Batang Liki terlebih pasca banjir, banyak tebing sungai yang rusak tergerus air, dan terjadinya pendangkalan di beberapa titik sangat mengancam terjadinya banjir susulan jika tidak segera ditangani.

Untuk itu, balai wilayah Sungai Sumatera Lima bersama Dinas Pengelolaan  Sungai  Suber Daya Air PSDA Sumbar dan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bekerja sama melakukan upaya pembersihan sungai dari tumpukan material dan lumpur, hingga melakukan normalisasi aliran Sungai Batang Liki kembali normal. Pihak balai wilayah Sungai Lima Sumbar Tosweri mengatakan, terkait bencana alam  ini, pihaknya juga sudah mengkoordinasikan dengan Direktorat Jenderal PSDA atau Kementerian PU terkait agar penanganan Batang Liki bisa dilakukan secara maksimal.

Dalam beberapa hari ini, Kementerian PU PR  Tim TKC daerah banjir Solok Selatan. terus berupaya mengatasi dampak banjir yang melanda Kabupaten Solok Selatan. Penanganan normalisasi sungai dilakukan agar banjir tidak lagi terjadi, dan tidak merusak jalan nasional yang dekat dengan aliran Sungai Liki.

Wartawan : AGUSRI/ NOVIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat