Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Zikir Rebana Meriahkan Peringatan Maulid Nabi

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 November 2019 JAM 06:30:49 WIB

Dalam rangka memperingati maulid nabi muhammad salallahu’alaihi wassalam, jama’ah Masjid Raya Kampung Perak Pariaman, laksanakan zikir rabana. Zikir rabana, merupakan bacaan kitab basanji atau sejarah nabi yang dilantunkan dengan irama khusus secara bersama, sambil memukul gendang atau rabana.

Di Pariaman berbagai kegiatan dilakukan dalam memperingati kelahiran nabi muhammad salallahu’alaihiwassalam seperti tradisi bungo lado atau pohon uang, kemudian malamang dan dilanjutkan malamnya dengan pengajian atau ceramah agama. Namun lain halnya di Masjid Raya Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman ini,  jama’ah masjid yang bersejarah ini, melaksanakan peringatan maulid nabi muhammad salallahu’alaihiwassalam dengan zikir rabana.

Zikir rabana, merupakan bacaan kitab basanji atau sejarah nabi yang dilantunkan dengan irama khusus secara bersama sambil memukul gendang atau rabana oleh orang-orang pilihan yang sengaja didatangkan dari daerah luar. Zikir rebana ini sudah dilaksankan puluhan tahun sejak adanya ulama Syehk Muhammad Djamil, ulama penyebar agama islam Di kota Pariaman, dan terus bertahan sampai sekarang.

Menurut Muhammad Argan Djamil, pengurus masjid setempat menyebutkan, bahwa kegiatan zikir rabana diadakan sehari penuh dari pagi hingga pukul empat sore dengan ditutup makan bersama. kemudian dilanjutkan malamnya dengan ceramah agama. Zikir rabana akan terus dilaksanakan di Masjid Raya Kampuang Perak Pariaman ini,  masjid dengan jama’ah peganut aliran tariqat naqsabandiyah dengan Mazhab Imam Syafi’i. Karena di Pariaman hanya dimasjid ini yang ada zikir rebana, sehingga harus dipertahankan.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat