Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

Gelombang 3,5 meter ancam Kepulauan Mentawai

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 15 Juni 2016 JAM 07:13:39 WIB

Gelombang setinggi 3,5 meter mengancam wilayah barat Kabupaten Kepulauan Mentawai hingga satu minggu kedepan. Hal ini dapat menganggu aktifitas perairan serta memicu rob jika gelombang tinggi terjadi saat pasang.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika –BMKG- Teluk Bayur Padang menghimbau masyarakat untuk mengurungkan niat melaut jika terjadi pasang dan gelombang tinggi yang diikuti dengan cuaca buruk.Tingginya gelombang dan cuaca buruk dapat menganggu aktifitas sampan-sampan milik nelayan di laut ataupun kapal kecil dan kapal tongkang milik nelayan.

Sementara itu BMKG juga memantau gelombang setinggi 3,5 meter  tengah mengancam wilayah barat kabupaten kepulauan Mentawai dan dapat diikuti dengan banjir rob saat pasang terjadi.Hingga beberapa hari kedepan  kondisi ini akan terus mengalami  penurunan karena fase bulan baru sudah terlewati. Selain kKabupaten Kepulauan Mentawai wilayah pesisir di kota Padang juga akan mengalami gelombang tinggi dengan ketinggian sekitar 2 meter.

Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir dan daerah dengan permukaan lebih rendah dari bibir pantai diharapkan tak menurunkan kewaspadaan.  Sebab, rob diperkirakan kembali terjadi minggu ini. Meski  gelombang tinggi kerap terjadi tiap tahunnya, tahun ini merupakan gelombang tinggi yang terparah. Hal ini karna dipengaruhi posisi bulan yang dekat dengan bumi sehingga air laut naik.

Wartawan : Sherly Zulkarnaen/Nurul Qalbi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat