Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Puskesmas Talu Tekan Angka Stunting

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 30 Oktober 2019 JAM 06:29:58 WIB

Petugas medis di Puskesmas Talu, terus berupaya menekan angka stunting di dua nagari wilayah kerja mereka. Petugas mengaku angka stunting di dua nagari itu mulai turun sekitar lima belas persen, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berada di dua nagari dengan locus stunting di Kabupaten Pasaman Barat, Puskemas Talu, terus berupaya menekan jumlah kasus stunting di wilayah kerja mereka. Guna mengotimalkan kerja, petugas menyasar langsung setiap rumah atau KK stunting.

Berdasarkan data terbaru, kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Talu menurun sekitar sepuluh hingga lima belas persen jika dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, tercatat sebanyak dua ratus enam belas kasus stunting, turun sekitar dua puluh kasus jika dibandingkan tahun dua ribu delapan belas lalu. Kepala Puskesmas Talu Syahari Elpa mengatakan, turunya angka stunting mereka ketahui setelah diadakan penimbangan massal beberapa waktu lalu.

Saat ini petugas berupaya menekan angka itu melalui sejumlah program dan pendekatan langsung kepada masyarakat. Salah satunya memperhatikan pola makanan dan kondisi kesehatan lingkungan tempat tinggal masyarakat. Seperti ketersedian jamban sehat di satu rumah tangga. Jika menemukan KK miskin tidak memiliki jemban, maka petugas berupaya bekerjasama dengan dinas terkait, untuk mencarikan solusi jamban itu. Masyarakat diminta aktif dalam program kesehatan yang ada, seperti posyandu dan kunjungan rumah yang dilaksanakan oleh Puskesmas atau Dinas Kesehatan, bahkan sejumlah OPD lain yang terkait.

Petugas meminta, masyarakat secara umum di Nagari Talu dan Sinuruik bisa memahami pencegahan stunting. Agar masa depan dan pertumbuhan anak bisa lebih baik nantinya. Petugas bersama keluarga akan berupaya memberikan pendampingan, supaya program pencegahan stunting terealisasi dan mengurangi bahkan menghilangkan kasus stunting di Talamau.

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat