Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Longsor Tutup Jalan Lintas Pasaman Barat

Kontributor DaerahBencana Alam 22 Oktober 2019 JAM 06:36:46 WIB

Akibat hujan deras, membuat tebing di Jalan Lintas Simpang Empat menuju Kabupaten Pasaman Longsor. Material Longsor sempat menutupi bahu jalan, namun berhasil dibersihkan warga sekitar, sehingga arus lalu lintas kembali normal sejak pukul dua puluh tadi malam.

Material longsor di daerah Jorong Paroman, Nagari Sinuruik Kabupaten Pasaman Barat, berhasil dibersihkan oleh masyarakat sekitar. Arus lalu lintas yang sempat terputus akibat tertutup material, bisa dilewati sekitar pukul dua puluh tadi malam. Longsor di daerah itu terjadi, karena hujan deras yang melanda daerah tersebut sejak jumat sore, sehingga menjelang malam, air bah datang dari arah bukit, dan membawa sejumlah material berupa kayu , lumpur dan babatuan.

Salah seorang warga sekitar Lazwardi mengatakan kejadian tersebut sempat membuat warga sekitar ketakutan. Karena saat hujan turun terjadi dentuman yang diduga berasal dari suara material longsor dan air bah. Beruntung tidak ada korba jiwa, karena sejumlah warga sudah lebih waspada termasuk memberikan peringatan kepada pengendara. Setelah kejadian, sejumlah masyarakat yang bermukim di daerah itu, sempat mengevakuasi diri ke rumah keluarga terdekat yang dianggap aman, dan pada pagi harinya sudah kembali ke rumah masing-masing.

Masyarakat mengaku, longsor terjadi akibat tingginya intensitas hujan, dan terjadinya genangan air di atas bukit, sehingga terjadi air bah. Saat ini, arus lalu lintas di daerah itu sudah kembali normal. Pengendara diminta waspada, karena terdapat beberapa material longsor berupa tanah dan kayu di pinggir jalan. Masyarakat meminta pemerintah bisa memberikan respon cepat akan perisitwa ini. Terutama ancaman longsor yang lebih besar kedepannya. Mengingat kondisi hujan dan kontur tanah yang sudah sangat mengkhatirkan. Selain di lokasi tersebut, masyarakat mengaku terdapat tiga titik rawan longsor di Jorong Paroman.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat