Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Peduli Lingkungan Dengan Bank Sampah

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 Oktober 2019 JAM 06:59:05 WIB

Mengurangi sampah yang dihasilkan di lingkungan rumah tangga,Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Limapuluh Kota membuka Bank Sampah di lingkungan pemerintah Kota Payakumbuh.

Dalam Bank Sampah ini Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Limapuluh Kota diminta bisa memanfaatkan Bank Sampah sebagai wadah dalam mengurangi jumlah produksi sampah di masyarakat. Membiasakan perilaku pemilihan sampah rumah tangga di lingkungan ASN di Kabupaten Limapuluh Kota,dinas lingkungan hidup membuka Bank Sampah yang akan membeli sampah dari rumah tangga dan  dibawa Asn ke kantor mereka.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi berbagai jenis sampah yang dihasilkan rumah tangga.Sehingga sampah plastik ataupun sampah yang tidak bisa hancur dapat dimanfaatkan secara ekonomis.Meski baru dilaunching,Bank Sampah menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah ASN di kantor lingkungan hidup.

Aktivitas penimbangan sampah-sampah kertas dan plastik yang dibawa ASN,mejadi pemandangan baru dikantor tersebut.Sampah yang telah dipilah itu di timbang dan kemudian petugas mencatat jumlah sampah kertas dan plastik yang dibawa oleh masing-masing nasabah,untuk kemudian dicatat dalam buku tabungan. Layaknya sebuah Bank,ASN yang menyetorkan sampahnya untuk dijual di Bank Sampah itu juga diberikan buku tabungan. Kedepannya pengelolaan sampah berbentuk Bank Sampah juga akan melibatkan masyarakat yang dijadikan sebagai nasabah. Dengan dikelolanya sampah di Bank Sampah,semua sampah tidak lagi dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA),sehingga mampu mengurangi debit sampah di TPA.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat