Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Satlantas Terbitkan Smart SIM

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 10 Oktober 2019 JAM 06:46:01 WIB

Setelah resmi diluncurkan oleh KAKORLANTAS POLRI, Satuan Lalu Lintas POLRES Pariaman mulai terbitkan surat ijin mengemudi atau  Smart SIM, untuk masyarakat. Smart SIM, merupakan surat ijin berkendara baru yang multiguna, karena selain identifikasi diri dan kemampuan berkendara, juga bisa digunakan sebagai E-MONEY dan E-TO.

Satuan Lalu Lintas POLRES Pariaman mulai menerbitkan surat ijin mengemudi atau disebut dengan Smart SIM, kepada masyarakat, setelah resmi diluncurkan oleh KAKORLANTAS POLRI beberapa pekan lalu. SIM baru ini  sudah bisa cetak, dimana sudah ada ratusan Smart SIM yang diterbitkan untuk msyarakat. Kasat Lantas melalui KBO, SATLANTAS POLRES Pariaman, IPDA. Rusli menjelaskan, material kartu Smart SIM berbeda dengan material SIM lama yang berwarna biru, Smart SIM merupakan multiguna. Selain identifikasi diri dan kemampuan berkendara, juga bisa digunakan untuk berbelanja di waralaba dengan terlebih dahulu melakukan top-up saldo di dalam kartu. Namun baru Bank BNI sebagai himpunan bank negara yang bisa digunakanan TOP-UP, sementara bank lainnya sedang dalam proses.

Selain itu, surat ijin berkendara baru itu di bagian belakang terdapat hologram tiga dimensi, jika digoyangakan terlihat logo KORLANTAS dan POLRI. Dengan adanya Smart SIM multifugsi itu, diharapkan masyarakat yang belum memiliki SIM, termotifasi untuk segera membuat SIM, sehingga aman dalam membawa kendaraan. Sebelum keluarnya Smart SIM, Satuan Lalu Lintas POLRES Pariaman teraksa mengeluarkan surat sementara kepada masyarakat yang mengurus SIM dikantor tersebut, karena balanko SIM sebelumnya habis. Sehingga jelang menanti penggantian SIM baru yang disebut dengan Smart SIM, terpaksa untuk sementara dibuatkan surat keterangan sementara.

Bahkan sudah 800 surat keterangan yang dikeluarkan kepada masyarakat, sebagai pegangan selama membawa kendaraan yang nantinya bisa ditunjukan saat terjaring razia. Masyarakat kini dihimbau untuk kembali datang kelantas POLRES Pariaman untuk mencetak SIM baru, karena Smart SIM sudah tersediah dan gratis. Sedangkan bagi msyarakat yang membuat SIM baru, prosedurnya sama dengan prosedur pembuatan SIM sebelumnya.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat