Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

DPRD Sumbar Tinjau Korban Abrasi

Kontributor DaerahBencana Alam 03 Oktober 2019 JAM 06:52:51 WIB

Anggota DPRD SUMBAR meninjau korban Abrasi di Nagari IV Koto Hilia Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Selain meninjau DPRD SUMBAR juga menyerahkan batuan berupa makan siap saji, terpal serta bahan makanan lainnya. DPRD SUMBAR tinjau korban Abrasi Pantai di Nagari IV Koto Hilia Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Abrasi di Nagari IV Koto Hilia Batang Kapas ini terjadi beberapa hari lalu yang  mengakibatkan 38 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Informasi dari Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Selatan, 38 kepala keluarga telah mendapatkan bantuan berupa bahan makanan, serta bahan sembako lainnya. Sementara sebagian korban tinggal di tenda tenda pengungsian dan sebagian lainnya menumpang di rumah sanak family.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Selatan Zulfian Aprianto berharap relokasi pemukiman warga dapat segera dilakukan. Karena lokasi saat ini tidak memungkinkan lagi untuk ditempati. Wali Nagari IV Koto Hilia Kecamatan Batang Kapas  saat ini tengah mencari lokasi yang tepat untuk dapat dijadikan relokasi puluhan warga  korban Abrasi ini.

Wakil Ketua sementara DPRD SUMBAR Irsyad Syafar saat meninjau korban Abrasi melihat memang tidak ada pilihan warga selain direlokasi dari tempat tinggal saat ini. Untuk itu kedepan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi perlu memikirkan tempat relokasi serta anggaran untk pembangun kembali rumah korban Abrasi ini. Terkait anggaran pembangunan kembali rumah korban Aprasi ini DPRD SUMBAR akan mencoba untuk menganggarkannya di APBD atau mencarikan anggaran  pusat melalui dana APBN.

Tidak hanya korban Abrasi, bebrapa  rumah warga yang berada di bibir pantai juga harus dipindahkan.  Dengan tidak mengganggu aktifitas perekonomian mereka yang sebagian besar nelayan. Selain itu kedepan pemerintah perlu memikirkn untuk membangun batu grib yang berfungsi untuk pemecah ombak agar Abrasi ini tidak terus meluas. Anggota DPRD SUMBAR daerah pemilihan Pesisir Selatan Hamdanus yang ikut dalam meninjau korban Abrasi di Nagari IV Koto Hilia ini mengatakan akan melakukan kordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah pusat dalam menangani persoalan Abrasi ini Diakhir peninjau ke lokasi Abrasi Pantai di Nagari IV Koto Hilia ini Wakil Ketua sementara DPRD SUMBAR Irsyad Syafar juga menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji terpal serta bahan makanan lainnya.

Wartawan : NURUL QALBI/JONSAR
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat