Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pangkal Jembatan Sungai Paku Amblas

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 30 September 2019 JAM 06:49:41 WIB

Diduga akibat gerusan aliran sungai dan hujan, bagian pangkal atau oprit jembatan Sungai Paku, di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat amblas. Akibat kondisi itu, jalan Nasional yang dilintasi ribuan kendaraan  terpaksa harus diberlakukan sistim buka tutup, untuk sementara waktu. Akibat diguyur hujan dan gerusan aliran sungai, bagian pangkal atau oprit jembatan Sungai Paku, di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat amblas. Beruntung tidak ada korban jiwa namun kondisi jembatan dan jalan butuh penganangan cepat.

Berdasarkan informasi masyarakat sekitar, kerusakan bagian pangkal jembatan dan jalan sudah terjadi sejak enam bulan terakhir. selain di bagian pangkal jembatan, bagian tebing di bawang jembatan juga terus digerus oleh aliran sungai. Kondisi tersebut diperparah akibat tebing yang labil pasca kemarau kemudian diterjang hujan deras.Mengantisipasi kemacatan, petugas satlantas bersama dinas perhubungan sudah memasang sejumlah rambu-rambu di lokasi, serta menempatkan petugas di jam-jam sibuk. Sementara waktu, petugas memberlakukan sistim buka tutup, agar lalu lintas tetap bisa berjalan lancar, selama proses perbaikan.

Kasatlantas Polres Pasaman Barat AKP Andri Nugroho mengatakan, pasca kejadian, jajaran satlantas bersama dinas perhubungan sudah melakukan peninjauan dan pemasangan alat untuk pencegahan laka lantas serta rekayasa lalu lintas, sebagai upaya mengatur jumlah kendaraan yang melintas bisa dikurangi, dan mencegah munculnya korban atau kerusakan lebih parah.Petugas meminta, pengendara yang melintas di jalan tersebut, bisa berhati-hati dan tidak memacu kecamatan tinggi, serta antri saat melintas di atas jembatan. Karena jika dipaksakan petugas khawatir akan terjadi laka lantas atau semakin parahnya amblas bagian pangkal jembatan itu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, hingga sabtu siang, sejumlah petugas dari balai wilayah jalan satu sudah berada di lokasi dan melakukan pemantauan. rencananya dalam hari ini, perbaikan dan pamasangan plat baja menutup bagian yang amblas akan dilakukan, serta dilanjutkan dengan perbaikan di bagian yang rusak.Akibat peristiwa tersebut, arus lalu lintas di lokasi sempat tersendat. karena banyaknya kendaraan berukuran besar, dan tingginya mobilitas masyarakat membuat beberapa kali terjadi antrian yang cukup panjang. Meski demikian, hinga hari ini, jembatan tersebut masih bisa dilewati oleh kendaraan.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat