Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pasien ISPA Meningkat Dua Kali Lipat

Kontributor DaerahIklim 27 September 2019 JAM 06:27:45 WIB

Akibat kualitas udara di Kecamatan Lubuk Sikaping yang semakin memburuk, semenjak 2 minggu terakhir, pasien penderita infeksi saluran pernafasan pada puskesmas Lubuk Sikaping meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya.

Peningkatan pasian penderita infeksi saluran pernafasan pada puskesmas Lubuk Sikaping semenjak dua minggu terakhir menjadi dua kali lipat, peningkatan ini di duga di akibatkan oleh kabut asap yang melanda Kecamatan Lubuk Sikaping.

Dari data puskesmas Lubuk Sikaping yang biasanya menangani pasien infeksi saluran pernafasan 60 sampai 70 pasian setiap minggu, namun dalam dua minggu terakhir pasian yang berobat akibat infeksi saluran pernafasan mencapai 120 orang dalam setiap minggunya.

Pasien yang berobat akibat infeksi saluran pernafasan, pada puskesmas Lubuk Sikaping umumnya mengeluhkan, sakit pada tenggorokan, batuk, dan influensa. Lusi hastuti, kepala puskesmas Lubuk Sikaping, mengatakan saat ini kasus infeksi saluran pernafasan ini di dominasi oleh orang dewasa, namun dari beberapa kasus yang tercatat belum ada yang menderita infeksi saluran pernafasan akut.

Pihak puskesmas Lubuk Sikaping menghimbau pada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, dan banyak mengkonsumsi air mineral, puskesmas juga menyediakan masker untuk dibagikan kepada masyarakat, untuk antisipasi awal dalam mengurangi resiko masyarakat terkena infeksi saluran pernafasan.

Wartawan : ARI YOHANAS
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

BULOG GELAR OP ATASI KENAIKAN HARGA BERAS

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

4 KORIDOR TRANSPADANG MELAKUKAN AKSI MOGOK

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK DI PARIAMAN

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB