Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

3 Daerah Di Terjang Abrasi Pantai.

Kontributor DaerahIklim 24 September 2019 JAM 06:03:46 WIB

Akibat cuaca buruk dan tingginya gelombang laut mengakibatkan terjaninya abrasi pantai di wilayah Pesisir Selatan.Terdapat  tiga daerah yang di terjang abrasi pantai, sehingga membuat warga sekitar khawatir karena  abrasi kian mendekat ke pemukiman warga. Tidak stabilnya cuaca akhir akhir ini membuat sejulah wilayah di Sumatera Barat dilanda dengan berbagai bencana.

Salah satunya ancaman abrasi pantai yang kian parah terjadi di derah Pesisir Selatan, abrasi pantai ini kian parah karena gelombang tinggi yang di akibatkan oleh tidak stabilnya cuaca untuk saat ini, sebgaian wilayah perairan Sumatera masih mengalami gelombang tinggi, sehinga berdampak terjadinya abrasi pantai.

Di Pesisir Selatan ada tiga daerah yang mengalami abrasi pantai terparah yaitu, air haji, tapang dan sutra, rata rata abrasi ini kian mendekat ke pemukiman warga. sebagian ladang dan rumah warga sudah terkena dampak dari abrasi pantai ini.

Warga berharap pemerintah segara mengambil langkah untuk mengatasi abrasi pantai ini, jika tetap di biarkan maka pemukiman warga menjadi ancaman terparah abrasi pantai mengingat abrasi kian mendekat ke pemukiman warga.

BPBD Sumatera Barat dan beberapa Stekholder lainya telah meninjau ke tiga titik ancaman abrasi yang terjadi di Pesisir Selatan. sebanyak 1000 karung berisikan pasir dan krikil untuk penahanan abrasi sementara telah di pasang. Semenatra itu, kabid kedaruratan dan logistik BPBD Sumbar Rumainur mengatakan, untuk memasang batu grip di sepanjang Pantai Pesisir Selatan ini akan menelan anggaran sekitar 1,2 miliar rupiah.Untuk saat ini yang berwenang menangani abrasi pantai ini adalah balai wilayah Sungai Sumatera Lima, penganggaran dana ini tengah di buatkan proposalnya untuk di ajukan ke kementrian pu di pusat.

Wartawan : SAWAL NUR/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB