Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

70 Warga Padang Alai Terjangkit ISPA

Kontributor DaerahKesehatan 22 September 2019 JAM 06:38:25 WIB

Sebanyak 70 orang warga di Kecamatan Padang Alai, Kabupaten Padang Pariaman terjangkit infeksi saluran pernafasan akut atau ispa, yang diakibatkan kabut asap.Jumlah tersebut akan terus bertambah, seiring masih tebalnya kabut asap yang melanda daerah tersebut. Hingga kini kabut asap kiriman dari daerah tetangga masih menyelimuti Kabupaten Padang Pariaman, khususnya Kecamatan Padang Alai ini. Terlihat tabut didaerah yang berada di ketinggihan 1000 kaki dari permukaan laut ini, masih terlihat tebal. Kondisi kabut asap yang sudah cukup lama terjadi, kini mulai berdampak terhadap kesehatan masyarakat, dimana sudah banyak masyarakat padang alai yang terjangkit penyakit ispa.

Eka Yuliati misalnya,  warga Padang Alai ini, mengaku ia dan anak-anaknya sudah terjangkit ispa sejak beberapa hari terakhir yang disebabkan oleh kabut asap. Karena anak-anaknya sering bermain diluar rumah bersama teman-temanya tanpa menggunakan masker, sehingga kabut asap mudah terhirup. Apalagi aksi pembagian masker dari dinas kesehatan belum sampai didaerah itu. Dari data Puskesmas Padang Alai, tercatat sudah 70 orang lebih warga Padang Alai Kabupaten Padang Pariaman yang sudah terjangkit inpeksi saluran pernafasan akut atau ispa. Jumlah tersebut meningkat 50 persen dari biasanya.Bahkan dari jumlah itu, anak-anak mendominasi terjangkit ispa, selebihnya masyarakat yang berusia lansia.

Desi Sukrina, perawat pelaksana Puskesmas Padang Alai menyebut, rata-rata keluhan yang ditemukan pada pasien seperti demam tinggi yang diserai batuk, flu dan sakit tenggorokan. Meski demikian belum ada pasien yang dirawat atupun dirujuk kerumah sakit umum, hanya cukup sampai di puskesmas. Jumlah masyarakat yang terjakit ispa akan terus bertambah, seiring masih tebalnya kabut asap yang melanda daerah tersebut. Bahkan Puskemas Padang Alai, kini sudah mulai membagikan masker kepada masyarakat, terutama kesekolah-sekolah.

 

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

BULOG GELAR OP ATASI KENAIKAN HARGA BERAS

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

4 KORIDOR TRANSPADANG MELAKUKAN AKSI MOGOK

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK DI PARIAMAN

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB