Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

UMKM Dipermudah Bantuan Modal

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 18 September 2019 JAM 06:52:35 WIB

Persoalan modal hingga kini masih menjadi kendala bagi pelaku UMKM terutama dari pihak perbankan Konvesional. Untuk itu pemerintah bersama OJK membentuk lembaga yang berbasiskan Syariah  guna membantu para UMKM mendapatkan modal.

Diindonesia saat ini terdapat 92 juta lebih jenis  usaha, 98 persennya adalah usaha mikro dan sisanya merupakan usaha skala besar. Sementara itu pelaku usaha terutama usaha mikro  hingga kini masih  terkendala  bantuan modal. Kendala ini disebabkan salah satunya sulitnya para usaha mikro melakukan pinjaman ke Bank Konvesional dengan  harus menyertakan agunan. Sementara meminjam ke rentenir suku pola pembayaran cukup memberatkan nasabah dengan  bunga cukup tinggi.

Untuk itu pemerintah melalui OJK membentuk lembaga Syariah yang dinamakan Bank Wakaf Mikro untuk yang bermnanfaat mambantu para usaha mikro untuk mendapatkan modal usaha. Modal tersebut tidak harus memilki agunan. Serta Bank Wakaf Mikro berada sekitar lingkungan  pesantren agar lebih mudah dan pembayarannya pun  berpola syariah. Untuk mnememnuhi akan modal tersebut saat  ini sudah ada sekitar 51 Bank Wakaf Syariah, yang ditragetkan tahun ini menjadi 100 buah Bank Wakaf Mikro.

Target ini bisa terwujud jika dana sosial memadai, karena dana sosial tersebut berasal  donatur dan nasabah himpunann bank milik negara, CSR, infaq, wakaf. Untuk membangun 1 bank wakaf ini dana yang harus diperlukan sebesar 4,2 Milyar Rupiah, pendirian lembaga ini berada disekitar pesantren yang telah mendapatkan izin oleh OJK. Hal ini disampaikan dalam pelatihan dan Gathering Media Massa Kantor Regional 5 Sumatera bagian Utara di Yogyakarta pada tanggal 12-15 Septemer 2019. Yang  dihadiri perwakilan media massa dari wilayah Riau, Aceh, Medan, Sumatera  Barat dan Kepri. Diharapkan  dengan adanya Bank Wakaf Mikro dapat mengurangi kemiskinan dan membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan pinjaman sehingga masyarakat semakin maju dalam membangun maupun mengembangkan usaha serta dapat meningkat taraf hidup masyarakat dalam ekonomi 

Wartawan : JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB