Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

BNNP Sumbar Minta Masyarakat Putus Pintu Masuk Narkoba

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 13 September 2019 JAM 06:23:20 WIB

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat, meminta masyarakat Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, berpartisipasi memutus mata rantai dan masuknnya narkoba ke Sumatera Barat. Berada di daerah perbatasan, upaya pencegahan dinilai sangat efektif, menyelematkan SUMBAR dari penyalahgunaan narkoba.

Berada di daerah perbatasan, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman, sering kali menjadi pintu masuk narkoba, dari sejumlah daerah lain di Sumatera. Beradasarkan hasil penyelidikan, sebagian besar ganja dari Daerah Aceh dan Sumut melintas dia dua Kabupaten itu, melalu jalur darat. Badan Narkotika Nasional Provinisi Sumatera Barat, menilai, upaya kerjasama masyarakat dan pemerintah, untuk memutus peredaran atau masuk narkoba, dinilai cukup efektif. Salah satunya dengan memberikan informasi kepada petugas, agar bisa dicegah dan ditindak sebelum masuknya barang haram itu ke Sumbar.

Selain jalur masuk ganja, dua Kabupaten ini juga menjadi sasaran peredaran narkoba jenis lain, terutama sabu-sabu. Hal itu ditunjukan dengan pengungkapan sejumlah kasus besar-peredaran narkoba. Baik berupa barang bukti ratusan kilogram ganja dan berbagai jenis paket sabu-sabu. Kepala BNNP Sumbar Brigjenpol Khasril Arifin mengatakan, timnya selama ini, sudah bekerjasama dengan sejumlah instansi untuk pencegahan dan penindakan. Baik Polri, TNI dan Pemerintah Daerah. sinergitas ini, dinilai mampu mengurangi peredaran narkoba di daerah perbatasan yang sangat menghkhatirkan.

Disisi lain, BNNP Sumbar juga meminta, BNNP Pasaman Barat, bisa bekerja keras, meski dengan kondisi personil yang terbatas. Selain pencegahan dan pemberantasan, BNN juga focus memberikan pertolongan atau rehabilitasi terhadap korban penyalahgunaan, melalui klinik, dan rehabilitasi secara berahap secara gratis. Selain meminta dukungan pemerintah dan masyarakat, Kepala BNNP Sumbar juga sempat melakukan peninjauan di markas BNNP Pasaman Barat, dan lokasi rencana pembangunan Kantor BNNP yang Respresentatif. Agar pengungkapan dan pencegahan narkoba bisa berjalan lebih baik kedepannya.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat