Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Aksi Bersih Kemenhub Seluruh Indonesia

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 13 September 2019 JAM 06:53:27 WIB

Indonesia merupakan negara penyumbang  sampah plastik  ke laut  terbesar   ke dua di dunia  setelah negara China. Untuk mengurangi  sampah plastik di laut  Kementerian Perhubungan mengelar aksi bersih  -bersih  serentak seluruh Indonesia. Lebih dari tiga ratus pelabuhan di  seluruh Indonesia   mengelar aksi bersih  laut dan pantai  secara serentak  di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan  gerakan aksi bersih  laut dan pantai  merupakan  salah satu upaya   nyata Kementerian  Perhubungan  dalam  memberikan  edukasi kepada masyarakat  agar  tidak lagi membuang sampah  ke  laut. Negara Indonesia  berdasarkan  data dari Asosiasi  Industri Plastik Indonesia (Inaplasi) dan Badan Pusat Statistik (BPS)  menunjukan sampah plastik  di Indonesia mencapai  64 juta ton per tahun. Diantaranya  3,2 jutan ton  sampah plastik di buang ke laut. Kantor Kesahbandaraan  otoritas  pelabuhan  Teluk Bayur  mengandeng 36 institusi di  pelabuhan, Akademis, Assoiasi, Lembaga Pendidikan  dan warga setempat atau lebih dari 400 orang mengikuti aksi bersih bersih  laut dan pantai  di pelabuhan  Muara dan Pantai Padang.

Kegiatan  aksi bersih laut dan pantai ini juga  dalam rangka  hari ulang tahun perhubungan  tahun 2019. Aksi bersih  laut dan pantai dilakukan selama  satu jam di mulai dari Pelabuhan Muara hingga Masjid yang berada  di Pantai Padang. Selama aksi bersih bersih laut dan pantai ini  dapat mengumpul kan  sampah plastik  sebanyak  setengah kontiner. Kepala Kantor Kesahbandaraan otoritas Pelabuhan Teluk Bayur Nazarwin kegiatan aksi bersih laut dan pantai ini  dapat menjadi kegiatan rutin  dari KSOP Teluk Bayur Padang. Gerakan aksi bersih laut dan pantai  yang di gelar serentak oleh Kementerian Perhubungan  ini mendapat kan  rekor muri dari  musium rekor  Dunia  Indonesia. Sementara itu Wali Kota Padang mengapresiasi kegiatan aksi bersih laut dan pantai yang di gelar oleh Kementerian Perhubungan RI. Pencemaran di laut adalah menyedot perhatian dunia saat  ini.

Maka  perlu  upaya  yang berkesinammbungan  dan berkelanjutan  dalam rangka menyadarkan masyarakat yang  tidak membuang sampah ke laut. Hal senada juga di sampaikan  oleh Heri Novriadi  Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Barat. Aksi berih  laut dan pantai  karena  penyumbang  gas  rumah kaca  sampah  berasal dari plastik. Dan kalau di bakar  menyebabkan  gas rumah kaca dan terjadi pemanasan gobal. Di harapkan kegiatan  yang di gelar kantor kesahbandaraan otoritas Pelabuhan Teluk Bayur ini,  dapat  diaplikasikan  ke  instansi lainnya.

Wartawan : DELIMA/AGUSRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PANDAI BESI BANJIR ORDERAN

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

POLSEK LUHAK TANGKAP PELAKU CURANMOR

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB