Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Prosesi Maarak Jari-Jari Dan Maarak Saroban Dalam Pesta Tabuik

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 September 2019 JAM 06:37:31 WIB

Anak Tabuik Pasa dan Anak Tabuik Subarang terlibat baku hantam dan saling lempar Gendang Tasa, saat proses berselisih dalam prosesi Maarak Jari-jari dan Maarak Sorban dikawasan Simpang Tabuik. Prosesi berselisih yang berujung pada perkelahian ini, merupakan lambang terjadinya perperangan antara Husen dengan Raja Yazid saat pertempuran di Padang Karbala.

Aksi saling lempar antara Kubu Tabuik Pasa dengan Kubu Subarang ini, terjadi saat pelaksanaan prosesi berselisih pada ritual Maarak Jari-jari dan Maarak Saroban dikawasan Simpang Tabuik atau disebut dengan Padang Karbala. Terlihat kedua Kubu Tabuik ini saling pukul dan  lempar Gendang Tasa dan air meneral, meski tidak berlansung lama, namun sempat membuat simpang Tabuik membara, ratusan petugas Kepolisian, TNI dan POLPP diterjunkan untuk mengamankan aksi tersebut. Bahkan petugas Damkar sempat menembakan air kekerumunan masa.

Aksi akhirnya terhenti, saat Tua dan Ninik Mamak antara kedua bela pihak yakni Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang mampu mendamaikan dan meredamkan emosi anggotanya masing-masing. Prosesi berselisih antara Tabuik Pasa dengan Tabuik Subarang, hingga berunjung dengan aksi perkelahian tersebut merupakan sebuah lambang, terjadinya perperangan antara Husen dengan Raja Yazid di Padang Karbala.

Sementara itu perkelahian yang terjadi antara anggota Tabuik Pasa dengan Tabuik Subarang tersebut hanyalah tradisi dan tidak akan berujung kepada dendam. Usai kegiatan, seluruh anggota Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang akan kembali berdamai dengan saling bersalaman. Pelaksanaan prosesi Maarak Jari-jari dan Maarak Soroban, merupakan lambang ditemukannya Jasad Husen dan Jari-jarinya serta Sorbannya berserakan di Padang Karbala, usai dibunuh oleh tentara Raja Yazid.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB