Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Sekolah Tinggi Ilmu Beruk Di Desa Apar

Kontributor DaerahPendidikan 12 September 2019 JAM 06:33:35 WIB

Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, lahirkan sebuah Sekolah untuk binatang jenis Beruk atau STIB, Sekolah Tinggi Ilmu Beruk. Sekolah Beruk ini  merupakan sekolah pertama di Kota Pariaman, bertujuan  membantu masyarakat yang berprofesi sebagai pemetik buah kelapa, sekaligus menunjang Pariwisata.

Sekolah untuk manusia tentu sudah tidak asing, bagaimana kalau ada sekolah untuk binatang jenis Beruk. Sekolah inilah yang dibuat oleh Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Melalui Bumdesnya Desa Apar, melahirkan sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Beruk atau STIB. Sekolah Beruk  merupakan sekolah pertama di Kota Pariaman, bertujuan   membantu masyarakat yang berprofesi sebagai pemetik buah kelapa. Selain itu Sekolah Beruk juga untuk  menunjang Pariwisata Kota Pariaman. Kepala Desa Apar, Hendrick menyebut, berdirinya Sekolah Beruk yang berlokasi di Desa Apar ini, berawal dari inovasi dan dukungan Walikota Pariaman, Genius Umar,  untuk menunjang Pariwisata. Sebelumnya Desa Apar diminta untuk mengembangkan tiga jenis wisata, yakni pengembangan kawasan Mangrove, penangkaran Penyu dan Sekolah Beruk.

Selain itu, di Desa Apar, masyarakat yang berprofesi sebagai pemetik buah kelapa dengan menggunakan Beruk cukup banyak namun belum ada sekolah khusus untuk melatih Beruk ini. Untuk memudahkan masyarakat, dilahirkanlah sebuah sekolah Beruk, yang bertujuan untuk  melatih Beruk milik masyarakat yang  belum bisa memetik buah Kelapa . Uniknya di sekolah ini juga memeiliki Kurikulum, dalam pelatihan Beruk. Terdapat 6 tahapan yang akan dilalui oleh Beruk dalam pendidikannya  hingga dinyatakan lulus sekolah. Mulai dari pengenalan diri pada Beruk, memberinya makan, memandikanya, mengenal jenis Kelapa yang akan dipeti, hingga Beruk tersebut bisa dilepas untuk  memetik buah Kelapa.

Untuk melatih Beruk biasanya akan menghabiskan waktu 3 hingga 4 bulan, tergantung kesabaran dari seorang guru Beruk. Kota Pariaman merupakan salah satu daerah penghasil buah Kelapa terbanyak di Sumatera Barat. Biasanya untuk memetik buah Kelapa ini masyarakat menggunakan tenaga Beruk. Berbeda halnya didaerah lain, untuk  memetik buah kelapa biasanya menggunakan tenaga manusia namun  di Pariaman masyarakat menggunakan Beruk peliharaannya.

 

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB