Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Panorama 1 longsor, Lalin macet 3 jam

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 23 Mei 2016 JAM 06:00:00 WIB

Hujan yang mengguyur Kota Padang tadi malam,  mengakibatkan longsor di dua titik yakni kilometer 20 dan 25 jalur Padang-Solok Panorama 1. Longsor yang terjadi pada pukul 18.00 Waktu Indonesia Barat tersebut membuat arus lalu lintas dari Padang menuju Solok dan sebaliknya macet total selama 3 jam.

Longsor yang terjadi di kawasan Panorama 1, Kecamatan Lubuk Kilangan yang menghubungkan Kota Padang dan Kabupaten Solok terjadi akibat hujan lebat. Material longsor yang menimbun ruas jalan mengakibatkan arus lalu lintas kendaraan menjadi terganggu dan mengalami kemacetan sepanjang 3 kilometer. Longsor yang terjadi di Panorama 1 ini terjadi di dua titik yakni kilometer 20 dan kilometer 25.

Kondisi terparah terjadi di kilometer 20 dari Kota Padang, dimana hampir seluruh badan jalan tertimbun tanah dan bebatuan, sedangkan di kilometer 25, ruas jalan ditutupi pohon tumbang. Longsor yang terjadi pada pukul 6 sore membuat macet jalur dari Padang ke Solok dan sebaliknya selama 3 jam. Satu jam setelah longsor dan arus lalu lintas mengalami gangguan karena tidak bisa dilalui, petugas BPBD datang membantu memindahkan material longsor secara manual.

Meski kewalahan memindahkan material karena lebatnya hujan dan derasnya air, dengan bantuan 10 orang personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, akhirnya jalan bisa dilalui dengan sisitem buka tutup. Selang beberapa saat telah lalu lintas bisa dilalui pada 1 sisi, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum datang dan menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor sehingga jalan kembali bisa dilewati dengan 2 jalur. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun, petugas Kepolisisan Lalu Lintas Polsek Lubuk Kilangan menghimbau kepada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati melewati jalan jalur Padang Solok, khususnya di musim hujan.

Wartawan : Titi Magfirah / Agusri
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat