Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Pacu Itiak Akan Ramaikan TDS di Payakumbuh

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 September 2019 JAM 06:59:16 WIB

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pacu itik yang merupakan permainan khas anak nagari di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota  akan kembali meramaikan ivent tahunan Tour De Singkarak tahun 2019. Selain pacu terbang itik, sejumlah Kesenian Tradisional juga akan ditampilkan.

Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan TDS tahun-tahun sebelumnya, Kota Payakumbuh yang kembali dilalui ratusan pembalap, akan menampilkan Permainan Tradisional Pacu Terbang Itiak saat star Tour De Singkarak etape 3 yang dilaksanakan di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh. Pacu itiak merupakan permainan anak nagari yang disebut-sebut satu-satunya di dunia. Event pacu itik sudah menjadi agenda rutin di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Di samping meningkatkan pariwisata, akan tetapi juga memperkenalkan daerah ke Dunia Internasional. Selain atraksi pacu itiak, di lokasi start nanti juga akan ditampilkan alat musik tradisional berupa talempong si kantutuang dan tari pasambahan. Sementara terkait rute, di Payakumbuh para pembalap akan diarahkan ke Jalan Lingkar Utara. Melintasi Talawi-Tugu Ratapan Ibu-Tugu Adipura dan terakhir kembali ke arah Ngalau Indah.

TDS juga diharapkan mampu mempromosikan beberapa destinasi wisata yang ada di Payakumbuh. Hingga kini sejumlah perbaikan dan persiapan terus dilakukan di Payakumbuh. Termasuk perbaikan arena start di kawasan Ngalau Indah dan perbaikan beberapa destinasi lainnnya.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat