Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pos SAR Pasaman Tingkatkan Kewaspadaan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 September 2019 JAM 06:48:41 WIB

Personil dan Sarana Badan Sar Nasional Pos Pasaman terus disiagakan untuk memberikan pertolongan atau penyelematan, jika terjadi bencana di laut, sungai dan gunung. Petugas bersama Potensi Sar sudah menjalin komunikasi baik guna memberikan respon terbaik.

Badan Sar Nasional Pos Simpang Pasaman, terus meningkatkan kesiapsiagaan, terhadap ancaman bencana dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. Peningkatan kewaspadaan tersebut, seiring dengan ramalan BMKG yang menyatakan Pamasan Barat tengah menghadapi cuaca ekstrim. Petugas mengaku, dua minggu terakhir, Tim Sar bersama lembaga lain, sudah dua kali melakukan operasi penyelematan dan pencarian, terhadap masyarakat yang hanyut di Kecamatan Ranah Batahan, dan orang hilang di daerah Kecamatan Talamau.

Kepala Pos Sar Pasaman Zulfahmi mengatakan, tim yang ada siaga selama dua puluh empat jam di Pos Sar. Regu piket selalu bekerjasama dengan Potensi Sar, Polri, TNI dan BPBD, untuk memberikan pertolongan secepat mungkin kepada masyarakat membutuhkan. Selain Personil, Sar juga memiliki sejumlah sarana penyelematan di laut, sungai, darat dan ketinggian. Seluruh peralatan tersebut, bisa digunakan kapan saja, dan didukung dengan kendaraan yang cukup mumpuni. Sarana penunjang tersebut, selama ini, sangat membantu dalam pertolongan kepada masyarakat.

Meski demikian, Sar juga menjalin kerjasama dengan Potensi Sar, dan masyarakat umum, agar bisa membantu apabila terjadi insiden. Seperti masyarakat pegunungan, nelayan dan sejumlah penyelam. Karena wilayah Pasaman Barat, memiliki kontur daerah yang beragam. Zulfahmi mengaku, wilayah yang luas, membuat mereka sedikit kesulitan mendapatkan informasi, dan memberikan infomrasi. Karena banyak daerah di Pasaman Barat yang sulit sinyal, salah satu solusinya, Sar bersama BPBD membina masyarakat lokal sebagai perpanjangan dan untuk mendapatkan informasi awal.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat