Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

250 Personil Dikerahkan Amankan Pesta Tabuik

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 September 2019 JAM 06:31:09 WIB

Perayaan pesta Budaya Oyak Tabuik di Kota Pariaman tahun 2019, kembali dihelat, dimana perayaannya akan berlansung dari 1 Muharram hingga acara puncak tabuik dibuang kelaut pada 10 Muharaam atau 15 September. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk pengamanan prosesi pesta Budaya Tabuik itu, dimana untuk pengamanan pesta Budaya Oyak Tabuik tahun ini, Polres Pariaman mengerahkan sedikitnya 250 personil.

Seluruh personil nantinya akan ditempatkan dipagung utama lokasi puncak oyak tabuik dan disetiap titik-titik yang dianggap  rawan kriminalitas, termasuk lokasi-lokasi yang dijadikan tempat prosesi tabuik. Kapolres Pariaman, AKBP. Andry Kurniawan, menyebut selain anggota kepolisian, pengaman juga dibantu nantinya oleh personil dari instansi lain, seperti TNI, POL PP dan Dishub Kota Pariaman. Menurutnya, pengamanan Pesta Budaya Oyak Tabuik tahun ini akan lebih diperketat, karena berpengalaman pada Pesta Budaya Tabuik tahun sebelumya, jumlah pengunjung yang datang mencapai puluhan ribu dari berbagai daerah di Sumbar dan luar sumbar termasuk para perantau Pariaman yang sengaja pulang kampung menyaksikan pesta tabuik.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar, mengaku seluruh persipan terus dimatangkan, sehingga Pesta Budaya Tabuik berjalan dengan sukses. Genius meprediksi jumlah kunjungan yang datang pada Pesta Budaya Oyak Tabuik Piaman nantinya mencapai 200 ribu pengunjung. Selain pengunjung, Gebernur Sumbar, Kapolda, Kementrian Pariwisata, Menko Maritim, dipastikan hadir, termasuk dubes-dubes Negara Islam. Masyarakat yang akan datang menyaksikan Pesta Budaya Oyak Tabuik di Pariaman dihimbau, agar selalu waspada dan hati-hati, karena aksi kejahatan bisa saja terjadi serta patuhilah selalu aturan yang berlaku.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat