Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

84 KK Keluar Dari Penerima PKH

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 05 September 2019 JAM 06:30:54 WIB

Merasa sudah mampu, sedikitnya 84 orang kepala keluarga di Kabupaten Padang Pariaman menyatakan sikap, keluar sebagai penerima bantuan PKH. Keluarnya kepala keluarga tersebut sebagai penerima bantuan PKH, karena merasa ekonomi mereka sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, dan memahami ada orang lain yang lebih membutuhkan. Jika pada bulan Juli 2019 lalu, sekitar 64 kepala keluarga di Padang Pariaman yang menyatakan sikap keluar sebagai pemerima bantuan PKH, namun sampai awal September ini sedikitnya sudah 84 warga yang sebelumnya menerima bantuan PKH, keluar secara sukarelah sebagai penerima bantuan bagi keluarga kurang mampu itu.

Keluarnya 84 kepala keluarga ini sebagai penerimah bantuan PKH, karena merasa ekonomi mereka sudah lebih baik dari sebelumnya, sehinga tidak pantas lagi mengambil hak orang lain yang lebih membutuhkan. Artinya masyarakat sadar, sudah mampu dan tidak layak lagi menerima bantuan sosial tersebut. Refna Devi salah satunya, warga Korong Sungai Geringging Duo, Nagari Malai Tigo Koto, Kecamatan Sungai Geringging yang sudah menerima bantua PKH sejak tahun 2014 lalu, dengan sukarela keluar sebagai penerimah PKH. Ia mengaku ekonominya kini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, agar bantuan PKH yang diterima sebelumnya dipindahkan kepada warga lainnya yang lebih berhak dan membutuhkan.

Sementara itu kepala dinas sosial Padang Pariaman, Hendra Aswara, menyebut, keluarnya para penerima bantuan PKH saat ini murni dari mereka sendiri. Dimana masyarakat yang telah sejahtera diminta dengan kesadaran sendiri untuk mundur sebagai penerima bantuan PKH. Bahkan dalam tahun ini, dinas sosial menargetkan 100 kepala keluarga  bisa graduasi atau keluar sebagai menerima bantuan. Pihaknya juga berharap setiap nagari dan kecamatan didaerah itu, melaksanakan musyawarah nagari untuk mengetahui masyarakat yang dicurigai sudah mampu tetapi tidak keluar sebagai penerima bantuan. Sehingga penerima bantuan tepat sasaran.

Bahkan tercatat sejak tahun 2007 hingga 2019 ini, ada sekitar 17 ribu 33 kepala keluarga di Kabupaten Padang Pariaman yang masuk sebagai penerima bantuan PKH. Data tersebut belum pernah verifikasi, sehingga kini pihaknya terus melakukan ferivikasi, agar yang masuk sebagai penerima bantuan, betul-betul warga yang tidak mampu.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat