Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pengurusan Izin Penyedia Jasa Penyeberangan Laut

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 05 September 2019 JAM 06:00:35 WIB

Mengantisipasi kecelakaan laut, di penyebarangan menuju pulau panjang, dinas perhubungan Kabupaten Pasaman Barat meminta pemilik kapal penyedia jasa penyeberangan mengurus izin dan kelengkapan kapal. Disisi lain dishub meminta masyarakat juga selektif memilih kapal saat menyeberang menuju pulau panjang.

Mengantisipasi kecelakaan laut, seperti karamnya kapal membawa dua puluh tujuh rombongan anggota pramuka minggu lalu, dinas perhubungan Kabupaten Pasaman Barat meminta penyedia jasa penyeberangan mengurus izin dan menyediakan kapal yang layak. Berdasarkan informasi awal, petugas menduga, karamnya kapal membawa anggota pramuka SMA IT, itu akibat over kapasitas dan cuaca ekstrim saat berlayar, dan kapal yang digunakan adalah kapal penangkap ikan, sehingga tidak memiliki safty, layaknya kapal penumpang antar pulau.

Dinas perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, bersama satpol air, dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan dan pemeriksaan atas peristiwa tersebut, serta menemui pemilik atau nahkoda kapal, sehingga kedepan tidak terjadi peristiwa serupa. Edison zelmi mengaku, sudah beberapa kali menyurati pemilik kapal, agar mengurus izin pelayaran, baik kapal nelayan maupun kapal penumpang antar pulau, namun hal tersebut tidak terlalu di resepon oleh pemilik kapal.

Dishub meminta, pemilik kapal segara melakukan pengruusan izin pelayaran, agar lebih aman saat beraktifitas, dan bisa dipantau oleh petugas, serta masyarakat bisa membedakan antara kapal nelayan dengan kapal penumpang. Dishub juga meminta masyarakat dan pengunjung objek wisata di Air Bangis dan sekitarnya, selektif memilih kapal untuk penyeberangan atau aktivitas lainnya. Disisi lain, penyedia jasa, harus lebih waspada, demi keselamatan nyawa penumpang.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat