Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Dinas Peternakan Padang Pariaman Waspada Rabies

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 04 September 2019 JAM 06:42:05 WIB

Tercatat ada 60 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies jenis Anjing Gila di Kabupaten Padang Pariaman Sepanjang tahun 2019. Dari Puluhan Kasus Gigitan  tersebut, 17 warga dinyatakan Positif Rabies, namun tidak ada Korban yang meninggal dunia.

Tercatat dari Bulan Januari hingga Agustus 2019 tercatat ada sebanyak 60 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies atau HPR Jenis Gigitan Anjing Gila di Kabupaten Padang Pariaman sepanjang 2019. Dari Puluhan Kasus Gigitan itu, 17 Warga diantaranya dinyatakan Positif Rabies. Kadis Peternakan Kabupaten Padang Pariaman Bustanil Arifin, menyebut, Kasus Gigitan HPR jenis Anjing Gila itu meningkat dari tahun sebelumnya dan menurun dari jumlah yang Postif Rabies jika dibandingkan tahun 2018, begitupun dengan Korban meninggal dunia Nihil.

Lain halnya tahun 2013 lalu, dimana 3 orang meninggal dunia akibat Gigitan Anjing Gila, begitupun ditahun 2014 1 orang meninggal dunia. Sementara tahun 2015 hingga sekarang Korban digigit Anjing Gila Nihil. Untuk itu, Dinas Peternaka Kabupaten Padang Pariaman bertekat bebas dari Rabies, sehingga peningkatan Kewaspadaan terhadap penularan rabies terus dilakukan. Pihaknya menghimbau jika ada warga yang terkena gigitan, untuk segera mencuci Luka Gigitan selama 15 menit di bawah Air Mengalir. Setelah itu segera melaporkan ke Puskesmas atau Petugas Kesehatan untuk diberikan Vaksin Anti Rabies.

Dipadang Pariaman Populasi Anjing sangat banyak, karena warga memeliharanya untuk kegiatan berburu dan menjaga kebun atau rumah.

Kedepa, pihak Dinas Peternakan meminta kepada seluruh warga yang memiliki hewan ternak jenis anjing, untuk bersedia dilakukan Pemberian Vaksinasi. Karena pemberian Vaksinasi tidak membayar atau gratis. Vaksinasi dilakukan agar tidak muncul korban jiwa akibat gigitan anjing rabies, Pasalnya bila tidak ditangani dengan benar maka korban gigitan anjing akan berakhir dengan kematian.

 

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat