Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Penyelesaian Masalah Komoditi Gambir

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 02 September 2019 JAM 06:21:43 WIB

DPRD Kabupaten 50 Kota berencana akan melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan Gambir di Kabupaten 50 Kota yang hingga ini  belum kunjung selesai. Pemanggilan tersebut akan dilakukan setelah ditetapkannya pimpinan DPRD defenitif.

Tidak kunjung selesainya persoalan Gambir dan kian murahnya harga Gambir membuat DRPD Kab. 50 Kota berencana untuk melakukan pemanggilan pihak terkait dan bakal turun ke lapangan untuk melihat kondisi langsung ditengah-tengah masyarakat Petani Gambir. Sebelumnya sejumlah persoalan muncul pasca Aksi Penolakan masyarakat untuk menjual Daun Gambir kepada perusahan asing yang berada di Kecamatan Pangkalan.

Penolakan tersebut dilakukan masyarakat karena perusahaan asing itu membeli daun Gambir dengan harga yang sangat murah. Selain itu, persoalan limbah yang tidak dikelola dengan baik juga menjadi pemicu aksi masyarakat. Meski hanya melakukan pelarangan penjualan Daun Gambir, namun hal tersebut berdampak kepada tidak beroperasi pabrik milik warga negara asing itu. Bahkan persoalan yang sempat diselesaikan ditingkat nagari itu tak kunjung selesai. Pemanggilan tersebut menurut ketua sementara DPRD Kab. 50 Kota bakal dilakuakan dalam waktu dekat.

Selain ditingkat Petani dan Toke Gambir, murahnya harga Gambir juga berdampak pada pelaku Ekpsortir Gambir. Meski  masih tetap membeli Gambir olahan masyarakat, namun Ekportir lebih memilih tidak melakukan ekpsor karena harga yang kian murah. Untuk itu DPRD juga berharap pemerintah daerah segera menyelesaikan persoalan itu, sehingga para Petani dan Pelaku Usaha Gambir dapat kembali berproduksi seperti biasanya. Beberapa tahun sebelumnya, Daun Gambir sempat dijadikan tinta pada pemilu kepala daerah, namun hal tersebut tak juga bisa mendongkrak harga jual gambir.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat