Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Blanko KTP Elektrnik Kosong

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 24 Agustus 2019 JAM 06:00:11 WIB

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, menerbitkan Empat Ribu 600 surat keterangan sebagai pengganti semetara KTP Elektronik. Penerbitan surat keterangan tersebut, akibat kosongnya blangko Kartu Tanda Penduduk E-KTP sejak Mei 2019 lalu. Kosongnya balanko Kartu Tanda Penduduk atau KTP Elektronik tersebut dikeluhkan warga Padang Pariaman sejak kosongnya balanko tersebut pada bulan Mei 2019 lalu. Warga yang sengaja datang kekantor Dukcapil Padang Pariaman untuk membuat KTP-Elektronik, mereka hanya mendapatkan surat keterangan yang bersifat pengganti sementara  KTP Elektronik.

Padahal KTP Elektronik yang berguna sebagai identitas diri dan sebagai persyaratan untuk pengurusan Administrasi itu, sangat mereka butuhkan, terutama warga yang hendak pergi merantau. Namun karena balanko KTP Elektronik kosong, sebagai penggantinya warga hanya mendapatkan surat keterangan sementara, yang berbentuk sehelai kertas, dimana sangat  rentan dari kerusakan dan susah dalam penggunakannya,  meskipun surat keterangan itu berfungsi sama dengan KTP Elektronik.

Semenara itu kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Padang Pariaman, Muhammad Fadli menyebut, bahwa blanko KTP Elektronik yang dikirim dari Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pusat, pasokannya terkendala sejak bulan Mei 2019 lalu. Sehingga pihak dukcapil membuatkan surat keterangan sementara kepada warga yang mengurus KTP yang berfungsi sama dengan KTP Elektronik. Dimana hingga sekarang dari 5.300 warga yang mengurus KTP sejak Mei hingga Agustus 2019 ini, baru 700 warga yang bisa dibuatkan KTP Elektroniknya, selebihnya dibuatkan surat keterangan yang bisa digunakan untuk kepentingan Admistrasi masarakat.

Bagi warga yang akan melakukan pengurusan KTP, maupun yang ingin mengganti KTP nya dikarenakan rusak atau pindah dominisili, pihak dukcapil akan terus melayaninya.  Masyarakat diminta untuk tetap bersabar hingga blanko KTP Elektroik kembali tersedia.

Wartawan : : ABDUL/ SYARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB