Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Patahan Megathrust dan Sesar Sumatera terus bergerak

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 16 Mei 2016 JAM 06:00:00 WIB

Hingga saat ini lempengan di dua lokasi, Megathrust dan Sesar Sumatera masih terus bergerak. Dari prediksi BMKG pusat dan daerah, potensi gempa yang terjadi di dua lokasi tersebut akan menimbulkan tsunami untuk wilayah sekitarnya.  

Sampai saat ini di Sumatera Barat potensi gempa masih berada di patahan Megathrust dan Sesar Sumatera. Dua lokasi tersebut berada di sekitar daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang. Di lokasi Megathrust potensi gempa terdapat di Lempeng Eurasia dan Lempeng India Australia. Menurut perkiraan BMKG Pusat dan Sumatera Barat, jika gempa terjadi di dua lokasi tersebut akan berpotensi tsunami di daerah Mentawai dan Kota Padang.

Potensi gempa yang terjadi tersebut diprediksi berkekuatan sekitar 8,8 skala righter untuk daerah Mentawai. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan daerah yang harus di waspadai, sebab lempengan yang berada di Megathrust dan Sesar Sumatera tersebut terus bergerak setiap waktunya. Untuk itu di harapkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota bekerja sama bergerak mengambil langkah dan menyusun strategi sebagai antisipasi jika gempa terjadi di titik lokasi tersebut. 

Wartawan : Harmalia cahyani / Atvriani
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat