Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pawai Hut Ri Di Nagari Persiapan Sikilang

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 21 Agustus 2019 JAM 06:36:01 WIB

Ratusan masyarakat, ibu-ibu dan pelajar di Nagari Persiapan Sikilang, Kecamatan Sungai Aur, menggelar pawai HUT Kemerdekaan. Pawai ini sengaja digelar di Pusat Nagari Persiapan karena jauhnya jarak menuju pusat kecamatan dan  kabupaten. Mengenakan berbagai macam atribut, ratusan masyarakat, pelajar dan ibu-ibuk wirid yasin  menggelar pawai di sekitar pusat Nagari Persiapan Sikilang.

Pawai tersebut mereka gelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia. Pawai  sengaja digelar untuk memupuk jiwa nasionalisme masyarakat  dan generasi muda.  Meski berada di daerah terpinggir, kondisi tersebut tidak menjadi alasan lunturnya jiwa nasionalisme masyarakat. Sekretaris Nagari Persiapan Sikilang,Afrizal mengatakan pawai tahun ini diikuti ratusan peserta bahkan sejumla ibu-ibu wirid yasin juga turut menjadi peserta. Pawai merupakan salah rangkaian HUT RI yang digelar sejak awal Agustus dan puncaknya pada 17 Agustus.

Selama pawai  peserta terlihat sangat antusias dan memakai berbagai pakaian adat daerah. Kegaitan ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat, karena diisi dengan sejumlah lomba dan hiburanyang mendidik dan memupuk jiwa nasionalisme. Selama menjadi nagari persiapan, pawai dan peringatan HUT RI terus digelar besar harapan gerakan ini menunjukan Nagari Perisapan Sikilang bisa mandiri dan menjadi sebuah pemerintah defenitif.

Masyarakat dan pemerintah Nagari Persiapan berharap kegiatan serupa bisa terus dipertahankan di Sikilang.  Karena untuk menuju pusat Kabupaten dan Kecamatan saat ini masyarakat masih terkendala jalan dan jembatan yang tidak memadai.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB