Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

Ratusan kilo ikan mas di Rao diserang Koi Herves Virus

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 13 Mei 2016 JAM 06:53:24 WIB

Ratusan kilogram ikan mas di Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman mati mendadak. Diduga ratusan ikan tersebut diserang Koi Herves Virus. Akibat peristiwa ini para petani mengalami kerugian hingga ratusan juta Rupiah.

Sejumlah petani ikan mas di Rao saat ini resah karena ratusan kilogram ikan mereka mati secara mendadak. Para petani menduga kematian ikan ini disebabkan karena adanya serangan virus Koi Herves. Serangan virus ini menyebabkan ikan yang dipelihara di dalam kolam mengalami kematian mendadak. Menurut salah seorang petani ikan, Idrus mengatakan, serangan virus ini sudah terjadi sejak dua bulan terakhir.

Setidaknya ada ratusan ikan mati setiap harinya akibat serangan virus tersebut. Idrus mengatakan, saat ini para petani belum bisa mengatasi serangan virus ini, dan untuk sementara para petani hanya bisa memberikan garam untuk mencegah kematian ikan yang lebih banyak. Meski serangan Virus Koi Herves tersebut sudah menjangkiti ikan milik petani selama dua bulan terakhir, tetapi hingga kini petugas penyuluh belum pernah melakukan pengecekan dan memberikan penyuluhan kepada para petani.

Wartawan : Parwis Nasution
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat