Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Upacara HUT Ri 74 Di Daerah Terpinggir

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 20 Agustus 2019 JAM 06:10:14 WIB

Meski berada di Daerah terpinggir, masyarakat nagari persiapan sikilang, Kecamatan Sungai Aur, tetap mengelar upacara HUT ke 74 Republik Indonesia. Peserta upacara ini  diikuti nelayan, pemuda, petani, pelajar dan tokoh masyarakat sekitar.

Kemeriahan dan upacara HUT ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia, tidak hanya digelar di pusat Kabupaten. sejumlah Daerah terpinggir dan sulit dijangkau juga menggelar upacara dan sejumlah kegiatan HUT RI. Di nagari persiapan sikilang, ratusan pelajar, pemuda dan nelayan, bersama pemerintah nagari menggelar upacara dan detik-detik proklamasi.

Meski upacara digelar sederhana, namun peserta terlihat sangat antusias, karena acara seperti jarang dilakukan. Sementara itu, untuk pasukan pengibar bendera, panitia melibatkan anak nagari setempat. Setelah dilatih beberapa hari, mereka bisa mengibarkan bendera sang saka dengan baik dan khidmat.

Nofiradi PJ wali Nagari persiapan sikilang mengaku, berada di Daerah Terpinggir di bagian Pesisir, tidak menjadi kendala mereka mengibarkan bendera di HUT Republik Indonesia. Pemerintah Nagari dan masyarakat sepakat, menggelar upacara untuk memupuk jiwa nasionalisme. Masyarakat berharap, upacara ini, bisa menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi penerus. Serta menciptakan generasi penerus yang cinta tanah air, serta menghindari hal negatif. Masyarakat berharap, setelah terlepas dari daerah tertinggal ini, sikilang bisa lebih baik, dan memproleh akses jalan yang memadai. Sehingga bisa memajukan ekonomi dan perkembangan pendidikan masyarakat sekitar, dan menjadi sebuah nagari defenitif.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat