Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Wacana Rektor Asing Ditutup

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 17 Agustus 2019 JAM 06:41:54 WIB

Wacana impor rektor asing ditegaskan Menpan Rb tidak akan ada lagi. hal ini ditegaskan saat pertemuan majelis guru besar se Indonesia beberapa waktu lalu di Makassar. Impor rektor asing ini dirasa menyalahi aturan mengingat rektor merupakan kuasa pengguna anggaran –KPA- dan harus berstatus Warga Negara Indonesia (WNI ). Wacana pemerintah akan mendatangkan rektor asing sudah ditepis oleh Menpan Rb.

Menpan Rb menegaskan sudah menutup wacana mendatangkan rektor asing pada saat pertemuan majelis guru besar se Indonesia di Makasar beberapa waktu lalu. Wacana yang sempat menjadi polemik serta mendatangkan pro dan kontra di tengah masyarakat ini dirasa tidak tepat mengingat saat ini rektor di perguruan tinggi negeri berfungsi sebagai KPA atau kuasa pengguna anggaran. jika hal ini diberikan peluang kepada orang asing, dikhawatirkan akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan tidak akan dapat dipertanggung jawabkan.

Sementara itu, dalam rules atau aturannya syarat untuk menjadi rektor di suatu perguruan tinggi negeri haruslah berstatus sebagai Warna Negara Indonesia. Meski demikian, dijelaskan oleh ketua majelis guru besar UNAND mendatangkan orang asing untuk menunjang kualitas pendidikan di Universitas Negeri di Indoensia mungkin saja berpeluang untuk menjadi wakil rektor dan dosen. Hal ini juga mengingat sudah saatnya Indonesia sebagai negara besar dengan kampus-kampusnya yang bagus masuk ke taraf Internasional.

Wartawan : DELIMFEBRIA/ NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat