Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Pengibaran Bendera Raksasa di Jembatan Ratapan Ibu

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 15 Agustus 2019 JAM 06:46:00 WIB

PEMKO Payakumbuh bersama unsur masyarakat akan melakukan pengibaran bendera ukuran raksasa di Jembatan Ratapan Ibu. Pengibaran bendera ukuran besar itu dalam rangka memeriahkan Hut Kemerdekan Ke-74 RI, sekaligus untuk mengingatkan kembali peristiwa sejarah pembantaian pejuang di Jembatan Ratapan Ibu.

Mengingatkan pentingnya sejarah perjuangan Rakyat Indonesia khususnya di Payakumbuh, Pemerintah Kota bersama sejumlah lapisan masyarakat akan menggelar pengibaran bendera merah putih ukuran 45x17 meter yang akan membentang di Batang Agam.

Menurut rencana, bendera raksasa itu akan dikibarkan tanggal 17 agustus 2019. Nantinya pengibaran bendera yang juga melibatkan BPBD, Vertical Rescue dan KNPI itu akan dipasang selama satu minggu. Saat kegiatan pengibaran bendera, juga akan menghadirkan pelaku sejarah yang akan bercerita tentang sejarah perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur melawan penjajah di Jembatan Ratapan Ibu. Sehingga bisa menjadi pelajaran bagi generasi muda untuk menghargai para pejuang.

Di Jembatan Ratapan Ibu  konon katanya terjadi pembantaian secara massal terhadap para pejuang. Karena banyaknya pejuang yang gugur dalam menghadapi penjajah. Pemerintah mendirikan sebuah tugu. Tugu Ratapan Ibu tersebut merupakan cerminan kesedihan seorang ibu atas pembantaian yang terjadi terhadap para pejuang dalam menghadapi penjajah.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat