Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Stok Sapi Qurban di Pasaman Barat Aman

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 05 Agustus 2019 JAM 06:04:18 WIB

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan, Kabupaten Pasaman Barat menjamin stok sapi quran di Pasaman Barat aman. Banyaknya jumlah sapi lokal, dan banyaknya pedagang yang datang, memudahkan masayrakat untuk mendapatkan sapi, yang dijadikan hewan qurban.

Setelah melakukan pemantauan di sejumlah titik dan pasar ternak, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, Kabupaten Pasaman Barat, memastikan jumlah sapi qurban untuk wilayah Pasaman Barat cukup. Bahkan saat ini, sejumlah pertenak, menjual sapi qurban ke luar daerah. Banyaknya jumlah masyarakat yang berternak sapi atau kambing, membuat ketergantungan sapi qurban atau potong ke daerah lain, sejak beberapa tahun belakangan ini, tidak lagi terjadi. Bahkan sejumlah kelompok atau panitia qurban memilih mencari hewan qurban langsung ke kandang peternak.

Petugas kesehatan hewan terus berupaya melakukan pemantauan, kondisi kesehatan hewan, di setiap UPT kecamatan. Mulai kandang peternak, hingga kelompok penyelenggara qurban. Agar daging yang dikonsumsi nanti benar-benar aman. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Sukarli, mengaku, khusus di pasar ternak Koto Baru, sebagian besar sapi berasal dari peternak lokal. Bahkan terlihat pedagang dari kabupaten tetangga, yang datang untuk membeli atau menjual sapi di pasar tersebut.

Petugas memprediksi jumlah masyarakat yang melakukan qurban tahun ini, akan berkurang dari tahun sebelumnya. Sulitnya ekonomi, dan bertepatan dengan tahun ajaran baru, membuat pengeluaran masayrakat sulit dikendalikan. Petugas memprediksi jumlah peserta qurban tahun  ini, masih diangka  delapan ratus ekor sapi ke atas. Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan peternakan meminta, panitia qurban bisa memastikan kondisi hewan qurban mereka benar-benar sehat, dan tidak cacat. Jika ragu masyarakat harus memeriksakannya kepada petugas yang ada. Disisi lain, petugas dinas kesehatan akan tetap melakukan pemeriksaan secara intens, terutama mendekati hari penyembelihan qurban.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

RENDANG IKAN KHAS 50 KOTA

27 September 2022 JAM 06:00:00 WIB

UMKM CIPTAKAN MAKANAN OLAHAN DURIAN

27 September 2022 JAM 06:00:00 WIB

MANFAATKAN SISA LAHAN UNTUK HASILKAN TANAMAN PANGAN

27 September 2022 JAM 06:00:00 WIB