Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Hewan Qurban Didatangkan Dari Luar Daerah

Kontributor DaerahSeputar Kota Padang 04 Agustus 2019 JAM 06:51:03 WIB

Guna memenuhi kebutuhan hewan kurban di Payakumbuh, sebagaian besar hewan ternak jenis sapi didatangkan dari luar daerah termasuk dari beberapa daerah di luar Sumatera Barat. jumlah hewan yang didatangkan dari luar tersebut bahkan mencapai 70 %  dari kebutuhan di kota Payakumbuh.

Kebutuhan hewan kurban di Payakumbuh pada tahun 2019 akan terpenuhi. Meski jumlah hewan di Payakumbuh terbilang minim, namun hewan kurban sapi dari luar yang dipasok pedagang ke Payakumbuh membantu memenuhi kebutuhan kurban yang mencapai ribuan ekor .

Diperkirakan 70% sapi kurban di pasar ternak Payakumbuh didatangkan luar daerah. Diantaranya dari Kabupaten 50 Kota, Agam dan bahkan dari Lampung. karena  hanya sebagian kecil yang merupakan sapi Payakumbuh. Meski didatangkan dari luar Payakumbuh, namun ribuan hewan tersebut telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh petugas Dinas Peternakan.

Termasuk nantinya melakukan pemeriksaan satu minggu sebelum lebaran ke masjid dan mushalla tempat hewan kurban akan disembelih. Pemko Payakumbuh juga  menjamin stok sapi di pasar ternak Payakumbuh akan mencukupi untuk kebutuhan kurban warga.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, jumlah sapi kurban yang disembelih pada Idul Adha tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu dikisaran 1.943 ekor sapi. Dinas Pertanian dan Peternakan juga terus menghimbau masyarakat untuk tidak menyembelih sapi betina produktif.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat