Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Over kapasitas, salah satu sebab tahanan kabur

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 02 Mei 2016 JAM 06:20:01 WIB

Kaburnya sejumlah tahanan di beberapa Lapas di Sumatera Barat sejak beberapa waktu lalu, dipicu dengan kondisi Lapas yang melebihi jumlah kapasitas. Selain itu, jumlah penjaga yang tidak sebanding, juga menjadi salah satu penyebab mudah kaburnya tahanan, karena mereka tidak sepenuhnya bisa mengawasi ratusan tahanan.

Kasus kaburnya tahanan di sejumlah Lapas di Sumatera Barat mendapat tanggapan beragam dari sejumlah pihak. Sebagian besar masyarakat menyayangkan kondisi yang ada, salah satunya lemahnya pengawasan di Lapas sehingga memudahkan tahanan untuk kabur. Selain lemahnya pengawasan, jumlah penghuni Lapas yang melebihi kapasitas yang ada juga terus mendapat sorotan. 

Padahal Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Sumbar, mengaku akan segera memindahkan Napi dari Lapas yang over kapasitas ke Lapas yang masih belum penuh dan sesak. Namun hingga kini hal itu belum bisa terealiasi secara maksimal sehingga sebagian Lapas masih ada yang memiliki jumlah penghuni melebihi kapasitas yang ada serta minimnya jumlah petugas pengawas Lapas.

Kondisi tersebut diakui oleh Kepala Pengamanan Lapas Kota Payakumbuh. Menurutnya, dengan kondisi penjaga yang kurang petugas, mereka cukup kesulitan dalam melakukan pengawasan terhadap ratusan warga binaan. Saat ini jumlah tahanan di Lapas Kota Payakumbuh diakui sudah over kapasitas, petugas Lapas sendiri pun dibuat kewalahan. Dimana tercatat hanya 4 regu pengamanan Lapas, yang setiap harinya berjaga mengamankan ratusan tahanan. Hal tersebut membuat ketidakseimbangan antar tahanan dan petugas jaga.

Wartawan : Edward
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat