Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pemuda Maligi Wakili Sumbar dalam Ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Kontributor DaerahPariwisata 28 Juli 2019 JAM 06:15:16 WIB

Setelah berhasil melestarikan penyu, dan mengajak masyrakat untuk tidak mengkonsumsi telur penyu, seorang pemuda asal Maligi, ditunjuk mewakili Provinsi Sumatera Barat. Yang bersangkutan dipilih untuk mewakili Sumbar dalam  ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat Nasional, bidang pelestarian Sumber Daya Alam dan Pariwisata.

Usaha seorang pemuda asal Maligi, bersama sejumlah pencinta penyu, untuk melesatarikan dan menyelematkan penyu, dari kepunahan mengantarkan dirinya, menjadi wakil Sumatera Barat, dalam ajang pemilihah pemuda pelopor tingkat Nasional. Surya mengaku, aksi penyelematan penyu itu berawal dari bentuk kepedulian terhadap penyu selaku hewan dilindungi dan terancam punah. Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan memadai, pemuda itu, belajar dari internet dan youtube untuk menyelematkan penyu.

Awalnya aksi yang dia lakukan cukup tabu bagi masyarakat, karena kebiasan sebagian masyarakat yang masih mengkonsumsi telur penyu. Bahkan guna menyelamatkan telur yang ditemukan masyarakat, dia bersama sejumlah donatur membeli telur penyu tersebut, untuk ditetas dan dilepaskan kembali. Surya mengaku, dalam waktu dekat dia akan mempersiapkan diri untuk mewakili Sumatera Barat, di ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat Nasional. Ia tidak menyangka usahanya bersama sejumlah masyarakat sekitar, mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah, hingga provinsi.

Surya mengaku, selama ini, dia bersama komunitasnya, terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk melestarikan penyu. Walaupun menemui sejumlah tantanggan, namun hal itu tidak menyurutkan niatnya bersama komunitas untuk melestarikan penyu, dan menjadi Daerah Maligi, sebagai daerah tujuan wisata. Sebelum terpilih mewakili Sumbar, surya mengaku berkompetisi dengan tujuh peserta dari kabupaten kota lainnya. Dirinya bersyukur aksi yang digagasnya bersama masyarakat, bisa berdampak baik untuk kelangsungan hidup penyu dari ancaman kepunahan.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat