Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Tahun 2019 di Sumatera Barat

TVRI Sumatera BaratKriminalitas 27 Juli 2019 JAM 06:00:53 WIB

Jumlah kasus kriminalitas yang melibatkan perempuan dan anak di Sumatera Barat setiap tahunnya mengalami kenaikan sekitar 20 persen. Sebagian besar kasus tersebut didominasi dari kategori kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.

Sepanjang tahun 2018 lalu,  jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Sumatera Barat sebanyak 816 kasus. Dari 816 kasus yang masuk di Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Sumatera Barat ini,  didominasi dari kategori kekerasan seksual.

Sebagian besar terjadi di Kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kota Payakumbuh. Dari data-data tahun sebelumnya, kasus terhadap perempuan dan anak ini terjadi peningkatan setiap tahunnya sebesar 20 persen. Hal ini dikarenakan, mulai tingginya kesadaran masyrakaat melaporkan kasus kriminalitas terhadap perempuan dan anak yang terjadi ditengah masyarakat.

Untuk tahun 2019 hingga pertengahan tahun, laporan yang masuk ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Sumbar terkait kasus perempuan dan anak ini berjumlah sekitar 400 kasus, yang didominasi dari kategori kekerasan seksual. Sementara, saat ini pemerintah bekerjasama dengan pihak kepolisian berupaya memberantas kasus kriminalitas yang melibatkan perempuan dan anak. Salah satu upaya dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan rutin menggelar kegiatan cipta kondisi.

Wartawan : HARMALIA CAHYANI/ TUA SAMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB