Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Penjualan Hewan Qurban Masih Sepi

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 25 Juli 2019 JAM 06:56:11 WIB

Mendekati Idul Adha dan pelaksanaan qurban  penjualan hewan qurban di Kabupaten Pasaman Barat masih terbilang sepi. Pedagang memprediksi penjualan naik satu minggu jelang lebaran Idul Adha. jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga hewan qurban naik sekitar Rp.500.000 per ekornya. Sejumlah peternak  dan pedagang hewan qurban di Kabupaten Pasaman Barat masih sepi pembeli. pedagang memprediksi penjualan mereka mulai meningkat satu minggu menjalang Idul Adha nanti.

Hingga hari ini, pedagang hanya mempersiapkan sejumlah hewan qurban di kandang mereka, sambil mempromosikannya kepada kelompok pelaksana qurban di masjid atau per orangan, dan lembaga pemerintahan atau swasta. Salah seorang pedagang Maludin mengatakan, sapi dan kambing qurban yang ia jual,  merupakan sapi local.  Saat ini  besaran harga sapi berkisar 14 juta hingga 17 juta rupiah per ekornya. Harga tersebut naik sekitar 500.000 per ekornya.

Pedagang memprediksi jumlah penjualan mereka tahun ini akan sedikit berkurang karena kondisi ekonomi masyarakat Pasaman Barat sedang sulit,  seiring dengan anjloknya harga sawit beberapa bulan terakhir  dan sedang berlangsungnya tahun ajaran baru. Mengantisipasi masalah kesehatan hewan sebelum dijual dan disembelih peternak dan pedagang sudah berkoordinasi dengan Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Pasaman Barat agar melakukan pemeriksaan rutin. Sementara itu, untuk menghindari sapi betina produktif untuk disembelih petugas juga diminta melakukan pengawasan khusus.

Pedagang berharap saat momen Qurban tahun ini penjualan mereka bisa lebih baik dan pemerintah melalui dinas terkait aktif melakukan pemantauan agar semua hewan qurban yang semblih nanti bisa sesuai aturan syariat islam dan tidak melanggar undang-undang.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat